Warga Sembungharjo Olah Jambu Air Jadi Manisan dan Minuman

Dikemas dalam Botol, Nilai Jual Lebih Tinggi

316
INOVATIF: Mahasiswa KKN USM saat praktik membuat manisan dan minuman sari jambu air di depan warga Sembungharjo. (kanan) Produk manisan dan minuman sari jambu air yang sudah dikemas dalam botol dan gelas plastik.
INOVATIF: Mahasiswa KKN USM saat praktik membuat manisan dan minuman sari jambu air di depan warga Sembungharjo. (kanan) Produk manisan dan minuman sari jambu air yang sudah dikemas dalam botol dan gelas plastik.

ADALAH Aulia Mahmudah, salah seorang mahasiswi KKN Universitas Semarang (USM) yang baru-baru ini  mengenalkan pengolahan jambu air menjadi manisan dan minuman sari jambu air dalam kemasan. Mahasiswi teknik pangan ini melihat Kelurahan Sembungharjo banyak terdapat pohon jambu air, namun selama ini  hanya dijual dalam bentuk buah normal.

Karena itu, ia bersama tiga rekannya mengenalkan pembuatan manisan dan minuman sari jambu air dalam kemasan sebagai produk unggulan wilayah tersebut, sekaligus untuk mengangkat perekonomian warga.

Temuan Aulia tersebut ternyata didukung Lurah Sembungharjo Roihan. Aulia dan teman-temannya pun lantas menyosialisasikan temuannya itu kepada warga setempat. Tentu saja dengan disertai praktik langsung pembuatan manisan dan minuman sari jambu air.

”Kami juga menyosialisasikan tentang penanaman, pemupukan dan perawatan pohon jambu air agar buahnya tetap lebat dan berasa manis,” katanya kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Seperti diketahui, di wilayah Sembungharjo RT 4 RW 3, hampir di setiap rumah minimal memiliki satu pohon  jambu air. Ada pula yang menanam dua pohon, karena lahan pekarangan yang cukup luas dengan jarak tanam minimal 4 meter. Beberapa kebun warga juga ada yang ditanami pohon jambu air lebih banyak lagi, minimal 10 pohon.

Melihat wilayah ini tak jauh beda dengan Kabupaten Demak yang terkenal dengan hasil jambu air Delima dan Citra. Hampir setiap rumah menanam pohon dengan buah warna merah yang rasanya manis.

Aulia menjelaskan, untuk membuat produk manisan dan minuman jambu air dalam kemasan cukup simpel. Bahan  utama buah jambu air segar, air, asam sitrat, pewarna, dan gula pasir. Prosesnya pun relatif mudah. Minuman ini juga tahan cukup lama. Sehingga bisa dikemas dalam botol dan gelas plastik. Agar lebih menarik, botol ditempel stiker lengkap dengan mereknya.

Ia berharap, ke depan warga bisa mengembangkan bisnis manisan dan minuman sari jambu air ini. Apalagi potensi pohon jambu air wilayah tersebut sangat besar. ”Setidaknya dengan diolah menjadi manisan dan sari jambu air nilai jualnya akan lebih tinggi,” katanya. (*/aro/ce1)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here