Sunarto Deklarasikan Calon Ketua Peradi

405
BERI DUKUNGAN: Deklarasi dan dukungan terhadap pencalonan Sunarto sebagai calon Ketua Peradi Semarang di Star Hotel Semarang, kemarin. (Joko Susanto/Jawa Pos Radar Semarang)
BERI DUKUNGAN: Deklarasi dan dukungan terhadap pencalonan Sunarto sebagai calon Ketua Peradi Semarang di Star Hotel Semarang, kemarin. (Joko Susanto/Jawa Pos Radar Semarang)

SEMARANG – Anggota Bidang Pengawasan dan Rekomendasi Advokat Asing pada Dewan Pimpinan Nasional  (DPN) Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) versi Ketua Umum Fauzie Yusuf Hasibuan, Sunarto deklarasikan diri menjadi calon Ketua DPC Peradi, dalam Musyawarah Cabang (Muscab) yang akan digelar pada Sabtu (8/4) mendatang di Hotel Patra Jasa Semarang.

Aliran dukungan juga datang dari advokat yang ada di delapan kabupaten dan kota di Jawa Tengah, untuk wilayah daerah pilihan Peradi Semarang. Selain itu, dukungan secara khusus juga diberikan Himpunan Advokat Muda Indonesia (HAMI) Jateng maupun Kota Semarang dalam acara Deklarasi di Star Hotel Semarang, Jumat (3/3).

”Tertarik nyalon, jujur karena keadaan organisasi advokat semakin terpecah-pecah, sehingga kalau tidak jadi pimpinan, nanti tidak bisa berbuat banyak. Saya muncul mencalonkan diri juga baru 2 minggu lalu, yang didorong adek-adek advokat muda,” kata Sunarto usai deklarasi bertemakan ’Regenerasi untuk kehormatan profesi menuju Peradi 1 DPC Semarang’.

Dia juga berkomitmen untuk terus mendorong dan bisa segera menyatukan advokat, baginya secara organisatoris advokat harus bersatu, karena wadah tunggal Peradi muncul dari gabungan 8 organisasi advokat. ”Banyak advokat setelah disumpah, tapi tidak mengerti berbuat apa, sehingga ada yang berbenturan hukum, jadi kalau saya terpilih akan membuat pendidikan khusus, misal pendidikan mediasi dan mediator, bursa efek, kepailitan, sesuai basic saya seorang kurator, jadi bisa dikerjakan advokat-advokat muda,” ungkapnya.

Sejumlah jabatan advokat yang diemban Sunarto adalah, Wakil Sekretaris DPC Peradi Semarang, Wakil Ketua I Asosiasi Advokat Indonesia (AAI) Semarang, anggota bidang hubungan pemerintah DPP AAI dan anggota bidang keanggotaan DPP Asosiasi Kurator dan Pengurus Indonesia (AKPI).

Sementara itu, Ketua DPC HAMI Semarang Ahmad Reza Fahruddin didampingi Sekretarisnya, Marlinda mengaku sejak awal organisasinya selalu konsisten dan mendukung kader-kader muda, sehingga bisa berperan dalam roda organisasi advokat, dan ke depan lebih baik dan lebih solid.

Ketua DPD HAMI Jawa Tengah Sujiarno Broto Aji kemudian menambahkan, kalau organisasinya juga mendukung penuh tokoh muda yang maju, seperti halnya Sunarto.

”Cukuplah senior satu kali kepengurusan, kalau bukan yang muda siapa lagi, kalau tidak sekarang kapan lagi,” kata Aji penuh semangat. (jks/zal/ce1)

 

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here