Biasa Tangani Pasien Khitan

210
Ayuningtyas Utami
Ayuningtyas Utami

DOKTER Ayuningtyas Utami tak hanya cantik, dia juga pemilik Medika Group. Lembaganya kerap digandeng untuk menggelar kegiatan khitan masal. Dokter Ayu mengaku memiliki pengalaman banyak dalam soal khitan.

Ia menceritakan, beberapa kali menangani pasien dewasa yang baru menyadari tentang pentingnya khitan. Ada juga yang melakukan khitan karena seorang mualaf dan akan menikah.

”Khitan bisa membantu untuk pencegahan kanker. Manfaat lain dari khitan adalah dapat membantu pasangannya terhindar dari risiko penyakit kanker leher rahim (serviks). Jadi, khitan itu ke depan manfaatnya bukan untuk si laki-laki saja, tapi juga untuk kebaikan pasangannya juga,” katanya kepada Jawa Pos Radar Semarang, belum lama ini.

Dijelaskan, khitan sangat bermanfaat bagi kesehatan, yakni membuang anggota tubuh yang menjadi tempat bersembunyinya kotoran, virus, bakteri, dan bau yang tidak sedap.

Selain itu, kata dr Ayu, khitan juga bisa mencegah infeksi meski menurutnya serangan saluran infeksi kemih lebih sering terjadi pada wanita dibanding pria. Namun pada pria yang tidak dikhitan akan lebih mudah terinfeksi penyakit ini. Pencegahan penyakit juga menjadi salah satu manfaat positif dari melakukan sunat.

”Laki-laki yang dikhitan itu risiko terkena penyakit seksual menularnya relatif rendah. Misalnya, infeksi HIV (Human Immunodeficiency Virus), yang dapat berujung pada AIDS,” bebernya.

Tidak ada usia pasti untuk melakukan prosesi khitan, namun akan lebih baik jika dilakukan pada usia 5-12 tahun atau saat usia SD. Menurutnya, hal itu didasarkan karena pada usia itu lebih mudah untuk dikendalikan. (mg26/aro/ce1)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here