Basarnas Latih Relawan Tangani Bencana

337
TANGGAP BENCANA: Anggota DPR RI dari Fraksi PKB Fathan Subchi bersama Wabup Joko Sutanto foto bersama para relawan bencana di depan ruang Bina Praja, kemarin. (Wahib Pribadi/Jawa Pos Radar Semarang)
TANGGAP BENCANA: Anggota DPR RI dari Fraksi PKB Fathan Subchi bersama Wabup Joko Sutanto foto bersama para relawan bencana di depan ruang Bina Praja, kemarin. (Wahib Pribadi/Jawa Pos Radar Semarang)

DEMAK– Badan SAR Nasioanal (Basarnas) melatih para relawan untuk menanggulangi bencana yang terjadi di wilayah Demak. Ini diperlukan untuk meningkatkan kapasitas atau kualitas mereka agar penanganan kebencanaan lebih fokus. Demikian mengemuka dalam pelatihan water rescue bagi potensi SAR di Demak kemarin.

Anggota Komisi V DPR RI dari Fraksi PKB, Fathan Subchi menyambut baik pelatihan SAR bagi relawan tersebut. “Basarnas ini luar biasa. Komisi V mensupport dalam penganggaran untuk melengkapi peralatan Basarnas dalam menangani kebencanaan,” katanya.

Menurutnya, pelatihan water rescue ini melibatkan langsung masyarakat. “Para relawan ini akan menjadi kader-kader Basarnas sehingga dapat menunjang keberhasilan operasi SAR diwilayah perairan Demak ini,”ujar Fathan, wakil rakyat dari dapil Demak, Kudus dan Jepara tersebut.

Kepala Basarnas Jateng, Agus Haryono menambahkan, pelatihan SAR yang berjumlah 100 orang ini berasala dar Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Demak, Purwodadi, Kudus, Pati, Rembang dan Blora. Sedangkan, instruktur dari Kantor SAR Semarang dan Pos SAR Jepara berjumlah 11 orang. Sedangkan, pelaksanaan dipandu Direktur Direktorat Bina Ketenagaan dan Pemasyarakatan SAR  Basarnas Agus Sukarno. “Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan kesiapsiagaan mengantisipasi terjadinya kecelakaan dan bencana di perairan Demak. Dengan demikian, dapat meminimalisir korban,”katanya.

Kepala BPBD Demak, Agus Nugroho mengatakan, pembekalan relawan ini agar keterampilan mereka meningkat dalam penyelamatan di wilayah perairan. “Sebab, 99 persen kecelakaan terkait dengan perairan baik disungai, danau maupun laut,” katanya didampingi Kasi Kedaruratan, Suprapto.

Wabup Joko Sutanto mengatakan, karena Demak dikelilingi sungai besar dan ada lautnya juga sehingga rawan terhadap bencana. “Pelatihan ini sangat baik agar relawan lebih sigap dalam menangani bencana,” katanya. (hib/zal)

 

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here