Satu-satunya Camat Bergelar Doktor

599
SANDANG GELAR DOKTOR: Camat Banyumanik Kukuh Sudarmanto Alugoro saat menerima gelar Doktor di Fakultas Hukum Unissula. (DIAZ AZMINATUL ABIDIN/JAWA POS RADAR SEMARANG)
SANDANG GELAR DOKTOR: Camat Banyumanik Kukuh Sudarmanto Alugoro saat menerima gelar Doktor di Fakultas Hukum Unissula. (DIAZ AZMINATUL ABIDIN/JAWA POS RADAR SEMARANG)

SEMARANG – Program Doktor Ilmu Hukum (PDIH) Fakultas Hukum Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang meluluskan Camat Banyumanik Kukuh Sudarmanto Alugoro untuk menyandang gelar doktor (S3). Dewan Penguji memberi nilai rata-rata 3,8 atau cumlaude. Atas raihan yang dicapai Kukuh, dirinya menjadi satu-satunya camat yang menyandang gelar Doktor di Indonesia.

Dalam Ujian Promosi yang digelar di gedung Fakultas Hukum Unissula, Kamis (2/3), Kukuh memaparkan disertasi berjudul ”Rekonstruksi Perlindungan Hukum Camat dalam Pelaksanaan Pilkada yang Berbasis Nilai Keadilan”.

Kukuh meneliti betapa pentingnya perlindungan hukum terhadap camat agar mampu bersikap netral saat pelaksanaan pilkada. Apalagi posisi camat sangat sentral untuk menggerakan warga mendukung partai tertentu.

”Camat itu primadona, sering jadi tujuan orang politik yang lebih besar untuk menekan camat agar menggerakkan warga untuk memilih pimpinan dari partai tertentu saat pilkada. Karena sebagai ASN, camat bisa menggerakkan warganya dari tingkat kecamatan hingga kelurahan untuk memilih mendukung partai tertentu. Namun camat harus netral dan membutuhkan perlindungan hukum,” ujarnya.

Dalam ujian promosi doktor itu, anggota tim penguji, Sri Kasiyah menanyakan bagaimana cara Kukuh membawa nilai-nilai Islam dalam melaksanakan tugasnya.

”Camat bersinggungan langsung dengan masyarakat. Mengingat kondisi masyarakat yang beragam, di wilayah saya ada forum-forum kemasyarakatan. Ada forum gereja, forum lain juga ada. Forum di tingkat kecamatan difungsikan untuk merangkul masyarakat,” ujar ayah tiga anak ini. (mg30/ric/ce1)

 

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here