Rawan Longsor, Diterasering

213
GUNDUL: Anggota TNI, Polri dan masyarakat membuat terasering pada tebing di Desa Krakal, Surengede yang rawan longsor.
GUNDUL: Anggota TNI, Polri dan masyarakat membuat terasering pada tebing di Desa Krakal, Surengede yang rawan longsor.

WONOSOBO – Koramil 05 Kejajar bersama Polsek Kejajar dan warga Desa Krakal, Surengede, Kejajar, Wonosobo, mengadakan kerja bakti di lokasi tanah longsor di Desa Krakal, Surengede, Kamis (2/3). Danramil-05, Kapten Chb Mariyanto menjelaskan, inisiasi ini sebagai wujud kepedulian kepada sesama warga yang sedang tertimpa musibah.

Mariyanto mengatakan, tebing yang longsor dibuatkan terasering untuk mencegah longsor susulan. Tanah dalam kondisi terasering tidak mudah terbawa air saat hujan lebat. “Semoga kepedulian seperti itu juga tetap tampak dalam upaya mencegah atau meminimalisir terjadinya bencana. Semisal ada gerakan menanam ke depannya,” kata dia.

Dipaparkan pula, kondisi tanah yang gembur di sekitar rumah warga juga sangat riskan terhadap air yang mengguyur secara terus- menerus. Untuk itu warga yang berada di bawah tebing diimbau agar selalu waspada terhadap kemungkinan yang terburuk.

Diakuinya, kesadaran warga dalam menanam pohon saat ini belum tampak. Padahal, penanaman pohon sangatlah membantu memperkuat struktur tanah, mengikat tanah, dan menahan air.

Barangkali, kata dia, dengan kejadian longsor, warga nantinya bisa tergerak untuk menjaga dan merawat lingkungan. Seluruh babinsa juga telah diinstruksikan untuk memberikan pengertian akan pentingnya kelestarian alam. “Membangun kesadaran warga memang berat, itulah yang menjadi tantangan para babinsa di lapangan,” katanya. (cr2/ton)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here