Ratusan Mahasiswa Nobar Pidato Raja Salman

199
BELAJAR BAHASA: Mahasiswa IAIN Salatiga saat mengikuti nonton bareng pidato Raja Salman di hadapan DPR RI lewat televisi.
BELAJAR BAHASA: Mahasiswa IAIN Salatiga saat mengikuti nonton bareng pidato Raja Salman di hadapan DPR RI lewat televisi.

SALATIGA – Kunjungan kenegaraan Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al Saud menarik perhatian masyarakat Indonesia, tak terkecuali Kota Salatiga. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga mengadakan kegiatan nonton bareng pidato Raja Salman di DPR RI melalui layar kaca, Kamis (2/3).

Kegiatan ini diikuti sejumlah dosen dan ratusan mahasiswa IAIN yang lesehan menyaksikan pidato melalui dua televisi berukuran lebar di lantai dua gedung rektorat kampus III IAIN, Pulutan. Wakil Dekan Fakultas Ushuludin dan Humaniora IAIN Sidqon Maseur menyatakan, acara nonton bareng ini diadakan sekaligus sebagai bentuk rasa gembira atas kedatangan pemimpin Arab Saudi tersebut.

“Kami ikut bergembira karena Arab Saudi dan Indonesia memiliki kedekatan emosional sejak zaman kemerdekaan. Selain itu juga memiliki kesamaan, salah satunya adalah negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam,” jelas Sidqon. Diterangkan dia, acara ini juga diadakan sebagai sarana untuk belajar bahasa Arab bagi para mahasiswa, meskipun dalam pidato Raja Salman juga telah diterjemahkan.

Selain kedekatan antarnegara, IAIN memiliki kedekatan dengan Arab Saudi melalui kedutaan besarnya yang ada di Indonesia. Sejumlah dosen adalah lulusan pendidikan dari negeri padang pasir itu. “Relasi antara IAIN dengan Arab Saudi sangat erat. Banyak dosen yang merupakan tamatan dari Jazirah Arab. Bahkan, beberapa dosen mengikuti kursus pendidikan di Saudi,” jelasnya.

Sementara itu, mahasiswi jurusan Tarbiyah Fithroh Tulwafiroh mengakui, acara ini adalah pengganti materi yang seharusnya didapat dalam mata kuliah Bahasa Arab. Keikutsertaannya dalam kegiatan ini bertujuan agar mengetahui informasi tentang kunjungan Raja Salman ke Indonesia.

Hal senada juga disampaikan Puji Lestari, mahasiswi Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi. Selain untuk mengetahui informasi ini, kegiatan ini adalah sarana baginya untuk mempelajari apa yang disampaikan Raja Salman dalam pidato kenegaraannya. “Selain kedua alasan tersebut, saya juga agar mengetahui apa yang terjadi di sana,” ujar Puji. (sas/mg27)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here