Permukiman Padat Rawan Kebakaran

241
SELAMAT ULANG TAHUN: Petugas Pemadam Kebakaran Wonosobo mengikuti upacara Peringatan HUT ke-98 Pemadam Kebakaran Nasional di halaman Pendopo Kabupaten Wonosobo, Kamis (2/3). (AHMAD ZAINUDIN/RADAR KEDU)
SELAMAT ULANG TAHUN: Petugas Pemadam Kebakaran Wonosobo mengikuti upacara Peringatan HUT ke-98 Pemadam Kebakaran Nasional di halaman Pendopo Kabupaten Wonosobo, Kamis (2/3). (AHMAD ZAINUDIN/RADAR KEDU)

WONOSOBO – Upacara peringatan HUT ke-98 Pemadam Kebakaran Nasional di halaman Pendopo Kabupaten Wonosobo, Kamis (2/3) berlangsung sederhana. Wakil Bupati Wonosobo Agus Subagiyo mengingatkan para petugas pemadam kebakaran untuk selalu sigap dan siaga.

Agus memaknai peringatan HUT Pemadam Kebakaran ini sebagai sebuah momentum untuk menyerukan kepada masyarakat agar mau secara bersama-sama mencegah dan mengantisipasi, kebakaran permukiman dan hutan. “Jika musibah ini terjadi akan sangat merugikan secara materiil, bahkan tak jarang hingga menelan korban jiwa,” katanya saat memimpin jalannya upacara.

Agus juga mengajak kepada seluruh anggota pemadam kebakaran untuk mereposisi sudut pandang terhadap arah dan kebijakan ke depan. Peran institusi pemadam kebakaran bukan hanya sekedar siap siaga mengatasi kebakaran, akan tetapi juga terlibat langsung dalam memberi rekomendasi guna meminimalkan kebakaran.

Hal tersebut sejalan dengan semakin pesatnya perkembangan pembangunan di daerah. Namun saat ini masyarakat dihadapkan pada kecenderungan perubahan fisik ruang wilayah seperti bertambahnya kawasan permukiman yang semakin padat, sehingga ancaman kebakaran cenderung semakin meningkat.

Selain itu, ketika kebakaran terjadi petugas damkar dipastikan akan kesulitan dalam proses pemadaman. Mengingat minimnya akses (jalan ke kampung) untuk lewat mobil damkar, juga semakin padatnya rumah-rumah warga. Sehingga kobaran api semakin cepat menjalar.

“Kepadatan (permukiman), secara teknis akan berdampak pada tingkat kesulitan dalam pemadaman, ini juga perlu diseriusi ke depan,” jelasnya. (cr2/ton)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here