Muncul 500 Lubang Jalan Baru

126

SEMARANG – Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VII Jateng telah menambal seluruh lubang jalan nasional di Jateng. Tapi selang dua hari, muncul ratusan lubang jalan baru.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Cipta Karya Jateng, Bambang NK menjelaskan, dari datanya, ada sekitar 500 lubang jalan baru. ”Hampir merata di seluruh Jateng,” ucapnya, Kamis (2/3).

Menurutnya, intensitas hujan yang cukup tinggi akhir-akhir ini menjadi penyebab munculnya lubang jalan baru. Aspal yang tergenang air lebih mudah hancur ketika dilewati kendaraan bertonase tinggi.

Pihaknya mengaku akan mengawal BBPJN II Jateng agar segera menambal lubang jalan baru tersebut. Menurut Bambang, pengerjaan lubang jalan cukup cepat. Dalam hitungan dua hari, lubang-lubang jalan bisa langsung ditambal. ”Kami akan terus mengawal penambalan jalan ini,” tegasnya.

Kepala BBPJN VII Jateng, Achmad Hery Marzuki mengaku akan terus menggerakkan Tim Sapu Bersih (Saber) Jalan Berlubang untuk mencari jalan nasional yang berlubang. Operasi tersebut akan terus dilakukan setiap hari hingga Desember 2017 mendatang. ”Jika menemukan ada jalan yang berlubang, akan langsung ditambal. Termasuk ketika ada laporan dari masyarakat,” ucapnya.

Menurutnya, selama masih musim hujan, kemungkinan lahirnya jalan berlubang cukup besar. Tapi setelah memasuki musim kemarau, kemungkinan jalan berlubang akan semakin kecil. ”Rusaknya jalan nasional tidak hanya terjadi di Jateng saja. Semua daerah juga pada rusak kalau musim hujan,” tegasnya. (amh/ric/ce1)

 

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here