Koramil 01 Demak Bersihkan Enceng Gondok

207
PERLANCAR ALIRAN: Anggota TNI dari Koramil 01 Demak Kota bersihkan enceng gondok di Kali Tuntang Lama. (Wahib Pribadi/Jawa Pos Radar Semarang)
PERLANCAR ALIRAN: Anggota TNI dari Koramil 01 Demak Kota bersihkan enceng gondok di Kali Tuntang Lama. (Wahib Pribadi/Jawa Pos Radar Semarang)

DEMAK– Koramil 01 Demak Kota bersama masyarakat, Kamis (2/2) kemarin, membersihakan tanaman enceng gondok yang memenuhi aliran sungai Tuntang Lama di Dukuh Tlatar, Kelurahan Mangunjiwan menuju Desa Karangmlati, Kecamatan Demak Kota. Banyaknya gulma air tersebut membuat aliran sungai tidak lancar dan menjadi salah satu penyebab air sungai meluber ke permukiman.

Kapten Arm Sukartiyo mengatakan, kegiatan Karya Bakti bersama tersebut diharapkan selaras dengan Gerakan Peduli Sampah dan Hari Jadi Kota Demak ke- 514 yang tengah digalakkan sebagai upaya kebersihan dan penyehatan lingkungan. “Lokasi ini akan terus kami pantau dengan melakukan pembersihan setiap minggunya hingga tiga minggu ke depan. Hari ini baru bisa membersihkan sepanjang 50 meter,”katanya.  Dalam pembersihan ini, TNI dibantu alat berat eskavator (backhoe) 1 unit dari bantuan Pemda Demak serta berupa alat manual seperti garuk, bambu dan sabit.

Menurutnya, lantaran backhoe hanya bisa bergerak dari sisi seberang sungai saja dan hanya menggaruk separuh sungai, maka Danramil serta anggota yang lain dibantu warga turun ke sungai untuk mendorong bersama dari sisi yang tidak bisa terjangkau oleh alat berat ini dengan menggunakan bambu. “Kita berharap, masyarakat yang berada di sekitar aliran sungai juga turut membantu menjaga kebersihan dengan cara tidak membuang sampah di sungai. Kalau terus membuang sampah di situ, lambat laun sedimen semakin tinggi dan sungai menjadi dangkal. Pastilah banjir,” tegasnya. Kegiatan tersebut juga diikuti aparatur kelurahan, kecamatan, dan pihak kepolisian. (hib/zal)

 

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here