Rp 200 Juta Untuk Pelebaran Jalur Darupono

210
HATI-HATI: Jalur Kaliwungu-Boja di ruas Desa Darupono, Kecamatan Kaliwungu Selatan yang ambrol. Penanganan sementara akan menggunakan dana tak terduga. (​Budi Setiawan/Jawa Pos Radar Semarang)
HATI-HATI: Jalur Kaliwungu-Boja di ruas Desa Darupono, Kecamatan Kaliwungu Selatan yang ambrol. Penanganan sementara akan menggunakan dana tak terduga. (​Budi Setiawan/Jawa Pos Radar Semarang)

KENDAL-Pemkab Kendal akan menggelontorkan anggaran sebesar Rp 200 juta untuk penanganan sementara atas insiden ambrolnya Jalan Raya Kaliwung-Boja di ruas Desa Darupono, Kecamatan Kaliwungu Selatan. Anggaran tersebut berasal dari dana bencana atau Dana Tak Terduga (DTT) di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kendal.

Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kendal, Winarno mengakui dana tersebut memang sangat minim, karena hanya untuk penanganan bencana. Sementara untuk perbaikan permanen diperkirakan butuh anggaran Rp 2-3 miliar. “Itupun baru bisa dilaksanakan di anggaran tahun depan,” tandasnya. Saat ini jalur Darupono hanya boleh dilewati kendaraan roda dua dan mobil saja. Sementra kendaraan berat seperti truk dam tidak boleh melintas.

Menurut Winarno, dana tak terduga tersebut untuk melebarkan jalan yang saat ini masih tersisa sekitar tiga meter. Pelebaran jalan sementara dilakukan di sisi barat dengan mendambah dua meter. “Masih ada tanah yang berada di arah barat jalan beton tersebut, kemungkinan sementara akan diperlebar ke sana. Agar jalur perlintasan bisa menjadi lebih lebar walaupun hanya masih cukup untuk dilewati satu jalur saja,” paparnya.

Terpisah, Kabid Bina Marga pada DPUPR Kendal, Juni Isyanta mengungkapkan pihaknya telah menggelar rapat dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kendal, guna mencari solusi terbaik bagi perbaikan sementara Jalan Darupono yang ambrol tersebut. “Perbaikan sementara pun perlu perencanaan karena masih harus melihat dan mengkaji kontur tanah yang ada di sana. Sebab keadaan tanah di jalan tersebut tergolong labil,” katanya. (bud/zal)

 

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here