Pola Makan Buruk, Pertumbuhan Tak Optimal

200
BERI EDUKASI: Prof Siti Fatimah ketika memberi edukasi kepada orang tua murid TK Al Azhar 14 Semarang di sekolah setempat. (AJIE MH/JAWA POS RADAR SEMARANG)
BERI EDUKASI: Prof Siti Fatimah ketika memberi edukasi kepada orang tua murid TK Al Azhar 14 Semarang di sekolah setempat. (AJIE MH/JAWA POS RADAR SEMARANG)

SEMARANG – Pola makan sehat pada anak masih jarang diperhatikan orang tua. Padahal, jika pola makannya salah, pencernaan anak akan terganggu. Praktis, organ tubuh mereka tidak bisa menyerap gizi dan vitamin secara optimal. Pertumbuhan anak pun juga kurang maksimal.

Ahli Gizi dari Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Prof dr Siti Fatimah Muiz menjelaskan, pola makan bisa jadi kunci melahirkan generasi cerdas. Sebab, jika pencernaan anak berfungsi dengan baik, maka tumbuh kembang anak akan berjalan dengan baik.

”Pencernaan itu merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting. Anak-anak bisa tumbuh dan berkembang dengan baik salah satunya karena mempunyai pencernaan yang sehat,” ucapnya saat menjadi pembicara Parenting Day bertajuk ’Pencernaan Baik Tumbuh Kembang Optimal’ di TK Al Azhar 14 Semarang, kemarin.

Dalam acara yang diikuti ratusan orang tua siswa tersebut, Siti memberi tip agar anak bisa mengatur pola makan. Termasuk mencontohkan sejumlah menu sarat gizi dan vitamin yang mampu membantu tumbuh kembang otak anak. Kiat-kiat agar anak doyan makan dan sedikit jajan pun juga dibaginya.

”Kami anjurkan untuk orang tua dapat mengarahkan anak-anak bisa hidup sehat. Tentu dengan pola makan yang teratur dan memberikan asupan gizi dan vitamin. Biar anak bisa menjadi generasi sehat dan pintar,” bebernya.

Sementara itu, Kepala TK Al Azhar 14 Semarang, Fitriiatus Solekha menambahkan, pihaknya juga mengajarkan siswa memilih makanan sehat. Tapi dia mengakui, makanan sehat saja tidak cukup. Harus dibarengi dengan pola makan sehat agar anak bisa menyerap gizi dengan baik. ”Bahkan butuh menu yang menciptakan bakteri  baik atau laktobasilus,” katanya. (amh/ric/ce1)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here