Personel Damkar Masih Minim

312
PENJINAKAN: Satuan Damkar Kabupaten Semarang saat simulasi memadamkan api pada upacara HUT Damkar di halaman Kantor Bupati Semarang, kemarin. (EKO WAHYU BUDIYANTO/JAWA POS RADAR SEMARANG)
PENJINAKAN: Satuan Damkar Kabupaten Semarang saat simulasi memadamkan api pada upacara HUT Damkar di halaman Kantor Bupati Semarang, kemarin. (EKO WAHYU BUDIYANTO/JAWA POS RADAR SEMARANG)

UNGARAN – Jumlah personel Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Semarang masih jauh dari ideal. Saat ini, hanya ada 40 personel. Butuh penambahan agar penanganan peristiwa kebakaran lebih optimal. Apalagi ketika ada kejadian lebih dari satu lokasi dengan waktu bersamaan.

“Akan ditambah 18 peronel baru ke depannya. Mereka akan ditempatkan di wilayah Bringin untuk mengantisipasi dan menanggulangi musibah kebakaran terutama di wilayah timur Kabupaten Semarang,” kata Kepala Bidang Ketentraman dan Linmas Satpol PP dan Damkar Kabupaten Semarang Christian Dwi Agustono usai peringatan HUT ke-98 Damkar tingkat Kabupaten Semarang di lapangan Kantor Bupati Semarang, Rabu (1/3).

Dikatakan Christian, setidaknya setiap tiga kecamatan dilayani oleh satu posko damkar dengan 20 personel yang bertugas dalam dua shift setiap posko. Kondisi itu dapat menciptakan pola tanggap darurat yang mempercepat pelayanan jika terjadi musibah kebakaran.

Meski begitu, peningkatan kualitas personel damkar terus dilakukan. Diantaranya dengan mengikutkan personel pelatihan damkar bersertifikasi yang dilaksanakan Kemendagri maupun institusi lain. “Dari 40 personel damkar yang ada, sebanyak 15 orang telah memiliki sertifikasi damkar,” ujarnya.

Sementara itu staf ahli Bupati Semarang Jati Trimulyanto mengatakan, pada tahun 2017 pendidikan bidang studi pemadam kebakaran dan penyelamatan akan dibuka pemerintah pusat di IPDN. Hal itu untuk meningkatkan ketrampilan para personel damkar. Pada peringatan tersebut juga dilakukan simulasi pemadam api oleh personel satuan damkar Kabupaten Semarang. (ewb/zal)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here