Operasi Simpatik, Tidak Ada Tilang

240
TERTIB LALIN: Kapolres Demak AKBP Sonny Irawan menyematkan pin tanda dimulainya operasi simpatik 2017 di Mapolres Demak, kemarin. (Wahib Pribadi/Jawa Pos Radar Semarang)
TERTIB LALIN: Kapolres Demak AKBP Sonny Irawan menyematkan pin tanda dimulainya operasi simpatik 2017 di Mapolres Demak, kemarin. (Wahib Pribadi/Jawa Pos Radar Semarang)

DEMAK-Polres Demak kemarin menggelar operasi simpatik Candi 2017. Operasi yang sedianya berlangsung hingga 21 Maret ini diharapkan dapat menyadarkan masyarakat dalam mentaati lalu lintas.

Kapolres Demak AKBP Sonny Irawan mengatakan, operasi ini dilakukan secara simpatik dan tanpa dikenakan tilang bagi pelanggar. “Selama operasi simpatik tidak ada tilang,”katanya.

Menurut Kapolres, Demak dilintasi jalur Pantura. Jalur ini setiap hari dilalui kendaraan berat maupun ringan. Padatnya lalu lintas tidak seimbang dengan kapasitas jalan raya yang menyempit. Karena itu, jalan Pantura sangat rawan terjadi kecelakaan. “Selain menertibkan masyarakat, kita juga tertibkan dulu anggota agar taat rambu-rambu,”ujarnya.

Sebab, kata Kapolres, lakalantas tidak hanya dialami warga secara umum, namun anggota kepolisian juga kerap menjadi korban lakalantas. “Saat musim hujan ini juga banyak jalan berlubang. Bahkan, pak gubernur saat acara di Provinsi mencatat, ada sebanyak 18 ribu lubang jalan di Jateng termasuk di Demak. Setelah ditambal Bina Marga, kini tinggal sekitar 2.500 lubang jalan,”ujarnya.

Dia menambahkan, operasi Simpatik 2017 ini bertujuan untuk menciptakan situasi lalu lintas yang aman, tertib, dan lancar guna menurunkan jumlah kecelakaan lalu lintas serta untuk meningkatnya kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas. “Dan diharapkan  dengan dilaksanakannya Operasi Simpatik 2017 ini bisa meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri dengan membangun opini melalui penegakan hukum lalu lintas secara proporsional dan profesional,” ucap Kapolres Demak. (hib/zal)

 

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here