Jateng Dominasi Timnas Motocross ke Kejuaraan Dunia

2125
KESEMPATAN EMAS: Ivan Harry Nugroho, salah satu kroser Jateng yang akan tampil mewakili Indonesia di kejuaraan dunia Motocross MX GP yang akan berlangsung di Pangkal Pinang, Bangka Belitung, 4-5 Maret.
KESEMPATAN EMAS: Ivan Harry Nugroho, salah satu kroser Jateng yang akan tampil mewakili Indonesia di kejuaraan dunia Motocross MX GP yang akan berlangsung di Pangkal Pinang, Bangka Belitung, 4-5 Maret.

SEMARANG – Lima kroser Jateng terpilih mewakili tim Indonesia  dalam kejuaraan dunia Motocross MX GP yang akan berlangsung di Pangkal Pinang, Bangka Belitung, 4-5 Maret nanti. Total tim Indonesia menurunkan 10 kroser di event bergengsi tersebut.

Kelima kroser tersebut adalah Ivan Hary, Arjun Wicaksono, Rizky HK, Asep Lukman dan Edy Aryanto. Tim dari Jateng akan bergabung dengan tim Indonesia dan berangkat dari Semarang, Jumat (3/3) besok.

Ketua Pengprov Ikatan Motor Indonesia (IMI) Jateng Kadarusman mengatakan, tampilnya tima kroser Jateng tersebut sangat membanggakan Jateng. Untuk nomor motocross, para pembalap Jateng memang selama ini cukup disegani di Tanah Air. Dalam beberapa kejuaraan level nasional, para kroser Jateng selalu tampil dominan. “Ini kebanggaan buat Jateng. Karena itu saya akan support mereka langsung di Pangkal Pinang, semoga mampu berprestasi di kejuaraan dunia tersebut,” tandas Kadarusman, kemarin.

Lomba MX GP sendiri tahun ini digelar selama 20 seri, mulai seri pertama di Qatar pada 25 Februari dan berakhir di Inggris, 1 Oktober. Terpilihnya Indonesia menjadi tuan rumah MX GP diharapkan selain mendukung event keolahragaan juga mendorong promosi pariwisata Indonesia ke mancanegara. Indonesia dan Baldasserona di San Marino menjadi tempat penyelenggaraan baru tahun ini. “Sudah lama Indonesia tidak menggelar event otomotif kelas dunia. Terakhir, Indonesia menggelar balap motocross dunia binaan Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM) pada 1997 di Bandung,” tegasnya.

Pangkal Pinang ditetapkan sebagai salah satu lokasi MX GP 2017 diumumkan pada 5 Maret 2016, usai konferensi pers kualifikasi MXGP Thailand. President Youthstream (pemegang hak promosi MXGP), Giuseppe Luongo, menyebut Indonesia akan menggelar MXGP pada 2017, 2018, dan 2019.

Hingga saat ini sebanyak 30 peserta dari 23 negara ambil bagian dalam dua kelas, yaitu 450 cc, MX2 250 cc. Pebalap motorcros terbaik dari seluruh dunia bakal ambil bagian seperti Tim Gajser (Slovenia), Antonio Cairoli (Italia), Maximilian Nagi (Jerman) serta croses wanita Livia Lancelo (Prancis), Nancy Van de Ven (Belanda).

Menariknya, selain mempertandingan kelas pria juga memberi kesempatan pada crosser wanita yang ingin ambil bagian dengan dibukanya kelas khusus wanita, yaitu WMX (Women’s Motocross Championship). Khusus untuk MX Women ini merupakan seri pertama. (smu)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here