Kawal Bantuan agar Tepat Sasaran

172

SEMARANG – Pemprov Jateng ikut mengambil porsi program pemerintah pusat berupa bantuan pangan nontunai sebagai upaya penanggulangan kemiskinan di tujuh daerah. Selain membantu sosialisasi, pemprov juga akan memantau pelaksanaan bantuan agar tepat sasaran serta sesuai dengan yang diharapkan.

”Kami akan ikut mengawasi meskipun dalam pelaksanaannya tidak melibatkan Pemprov Jateng,” kata Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo. Meski begitu, kata Ganjar, kelancaran pelaksanaan bantuan pangan nontunai tergantung dari kesiapan sistem elektronik warung gotong royong (e-warong) dan infrastruktur pendukungnya. Entah yang ada di Kementerian Sosial atau bank pemerintah yang tergabung dalam Himpunan Bank Negara (HBN).

Mantan anggota DPR RI ini berharap bantuan pangan nontunai dapat terlaksana dengan baik karena dinilai sangat membantu penanggulangan kemiskinan di Indonesia. Termasuk di Jateng yang angka kemiskinannya masih cukup tinggi.

Sementara itu, anggota Komisi B DPRD Jateng, Riyono berharap bantuan pangan nontunai itu bersifat stimulan. Jangan sampai masyarakat justru menggantungkan diri terhadap bantuan pemerintah. (amh/ric/ce1)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here