Gelar Pembuatan Akta Kelahiran Masal

Dipelopori Karang Taruna Pidodo

201
ANTRE : Warga Desa Pidodo, Kecamatan Karangtengah antre membuat akta kelahiran masal di balai desa setempat. (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)
ANTRE : Warga Desa Pidodo, Kecamatan Karangtengah antre membuat akta kelahiran masal di balai desa setempat. (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)

DEMAK-Sebanyak 160 warga Desa Pidodo, Kecamatan Karangtengah mengikuti kegiatan pembuatan akta kelahiran masal yang digelar Karang Taruna Sinar Permata di Balai Desa Pidodo. Kegiatan tersebut dilakukan untuk meningkatkan cakupan kepemilikan akta kelahiran bagi masyarakat setempat.

Kepala Desa Pidodo, Ahmad Khoiri mengatakan bahwa pembuatan akta ini bekerjasama antara Karang Taruna dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Pemkab Demak dan Pemerintah Desa Pidodo. Menurutnya, Karang Taruna merupakan mitra kerja dari Pemerintah Desa (Pemdes) Pidodo. “Ini kegitan positif. Karena itu, kami selaku kades sangat mendukung kegiatan ini,” ungkap Khoiri.

Ketua Karang Taruna Sinar Permata, Agus Romli, S.PdI mengatakan bahwa kegiatan itu sebagai upaya jemput bola guna memudahkan masyarakat dalam pelayanan administrasi. Sebab, masyarakat bisa langsung mendapatkan pelayanan akta di tingkat desa. Bahkan, tidak ada biaya yang dibebankan kepada masyarakat alias gratis.

“Dengan adanya kegiatan ini, kami berharap masyarakat Desa Pidodo tertib administrasi dalam memiliki akta kelahiran. Ini menjadi tugas kami selaku Karang Taruna untuk membantu Pemerintah Desa Pidodo,” kata Agus.

Kepala Dispendukcapil, Afhan Noor, menuturkan bahwa kegiatan ini dapat menjadi percontohan bagi Karang Taruna desa lainnya. Sebelumnya Dispendukcapil juga telah bekerja sama dengan berbagai pihak terkait pembuatan akta masal. Di antaranya, dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial P2PA, RSUD, PDAM dan beberapa instansi lainnya. “Kami berharap masyarakat semakin sadar untuk memiliki akta kelahiran. Dan, kami permudah dengan adanya kerjasama pembuatan akta kelahiran dengan berbagai instansi,” terang Afhan Noor.

Dia menambahkan, ke depan pihaknya akan membuat program SUJUD. Yaitu, satu jam terwujud. “Dengan adanya program inovasi ini, pelayanan kepada masyarakat semakin baik sekaligus menghapus pungli,” katanya.

Menurutnya, akta kelahiran sangat penting bagi setiap penduduk karena akan dibutuhkan dalam berbagai urusan. Dispendukcapil mengimbau masyarakat untuk segera mengurus pembuatan akta kelahiran anak mereka yang baru lahir supaya anak tersebut cepat mendapat legalitas identitas diri. (hib/ida)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here