Calon Haji Bertambah 172 Lansia

242

MUNGKID— Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Magelang memastikan jumlah calon jamaah haji (calhaj) bertambah 172 orang, menjadi 1.028 calhaj. Kepastian ini terungkap dalam rapat di Kantor Imigrasi Wonosobo, belum lama ini.

Kepala Kantor Kemenag Drs Khudaifah menyampaikan, penambahan jumlah calhaj menjadi kabar baik, karena bisa mengurangi antrean calhaj.

Rencananya, penambahan kuota haji akan digunakan untuk mengakomodasi calhaj lanjut usia (lansia). Syaratnya, calhaj harus berusia di atas 75 tahun. “Tahun lalu ada 200 lansia yang mendaftar, namun hanya 30 lansia yang bisa dilayani.”

Saat ini, kata Khudaifah, jamaah haji Magelang sudah menyelesaikan pembuatan paspor. Sedangkan visa haji dan pembagian kloter belum dibagikan. Rencananya, kloter pertama mulai berangkat pada 27 Juli mendatang.

Khudaifah menyampaikan,  pihaknya akan menggelar rapat koordinasi dengan KBIH, enam bank penerima setoran haji, dan pihak lainnya untuk menyamakan persepsi. Dia berharap, persoalan data bisa dituntaskan, mengingat Kabupaten Magelang tahun ini sudah menerapkan e-haji.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Wonosobo Soeryo Tarto Kisdoyo mengatakan, pihaknya sudah menyelesaikan pembuatan paspor calhaj asal Kabupaten Magelang. Pembuatan paspor dimulai lebih cepat, yakni Kamis 12 Januari 2017 untuk mengantisipasi desakan permohonan paspor selama musim haji. (jpg/isk)

 

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here