31 C
Semarang
Jumat, 14 Mei 2021

Sulap Sampah Jadi Kerajinan Tangan

SEMARANG – Memanfaatkan sampah anorganik seperti plastik bekas bungkus kopi, mahasiswa KKN UPGRIS 2017 Kelurahan Podorejo, Kecamatan Ngaliyan mengubah barang yang tidak bernilai guna menjadi bernilai ekonomis. Hasilnya adalah kerajinan tangan berupa dompet serbaguna yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan.

Semangat berkreasi inilah yang kemudian ditularkan para mahasiswa kepada penduduk dengan mengajak dan mengajari warga sekitar untuk ikut serta membuat kerajinan tangan di salah satu rumah warga baru-baru ini. Salah seorang mahasiswa, Afni, menjelaskan, dari bungkus-bungkus kopi kemudian dibentuk potongan-potongan memanjang dengan lebar yang sama. Kemudian potongan-potongan tersebut dibuat anyaman dengan pola-pola tertentu. Selanjutnya disatukan dan susun menjadi sebuah dompet berbagai bentuk sesuai kebutuhan.

Selain mengajak warga sekitar untuk berkreasi, para mahasiswa KKN UPGRIS 2017 Kelurahan Podorejo bekerja sama dengan PKK setempat membuat program kewirausahaan yang diperuntukkan bagi warga sekitar yang diselenggarakan di Aula Kelurahan Podorejo, Sabtu (25/2).

Adapun bentuk pelatihan kewirausahaan yakni memanfaatkan hasil peternakan dan pertanian yang ditanam penduduk sekitar. Yakni membuat nugget dari belut, membuat stik dari jantung pisang serta mengolah daun singkong menjadi keripik.

Korkel KKN UPGRIS 2017 Kelurahan Podorejo, Musafak mengatakan, melalui kegiatan ini diharapkan bisa menggugah kesadaran masyarakat untuk berkreasi dan berwirausaha. Salah satunya dengan memanfaatkan hasil-hasil alam di sekitar Podorejo yang belum dimanfaatkan secara maksimal menjadi barang bernilai ekonomis yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar. (zen/sct/ric/ce1)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here