31 C
Semarang
Kamis, 6 Mei 2021

Perangkat Desa Butuh Bintek

SEMARANG – Pemprov diharapkan bisa memberikan bimbingan teknis (bintek) untuk seluruh perangkat desa di Jateng. Hal ini sebagai upaya pendampingan dalam penggunaan Alokasi Dana Desa Rp 1 miliar dari APBN. Sebab jika tidak, dikhawatirkan perangkat desa akan tersandung kasus hukum.

Juru Bicara Fraksi Gerindra DPRD Jateng, Sugiarto mengatakan, alokasi dana desa Rp 1 miliar dari APBN dan bantuan keuangan dari APBD Provinsi jumlahnya tidak sedikit. Untuk itu, harus ada pendampingan serius mengingat anggaran besar rawan penyimpangan. ”Ini anggaran tidak sedikit, jadi harus ada pengawasan dan pendampingan,” katanya.

Ia menambahkan, pemprov harus proaktif dan memberikan bintek terkait aturan dan mekanisme penggunaan dana tersebut. Mengingat kualitas SDM di daerah-daerah apalagi daerah terpencil dirasa kurang memadai. Bintek ini dimaksudkan agar ada pemahaman yang seragam antara apa yang dikehendaki pemerintah pusat, daerah dan perangkat desa. ”Jangan sampai karena masalah administrasi yang tidak dipahami dengan baik oleh aparat perangkat desa berujung pada masalah hukum,” ujarnya.

Bimbingan dan pengawasan mutlak dibutuhkan demi terwujudnya tertibnya administrasi dan maksud tujuan alokasi dana tersebut bisa tercapai untuk kesejahteraan masyarakat. Sebab, banyak masyarakat dan perangkat desa yang belum paham betul terkait dengan mekanisme dan administrasi. ”Ini harus menjadi perhatian serius, karena anggaran itu untuk membangun desa,” tambahnya.

Banyaknya dana bantuan yang masuk ke desa baik dari APBN, APBD Provinsi atau kabupaten/kota harus benar-benar bisa dimaksimalkan. Sejumlah masyarakat menginginkan agar dana tersebut bisa digunakan untuk tambahan honor guru PAUD, TPQ, TK atau Madin yang ada di desa tersebut. ”Karena selama ini guru-guru PAUD, TK maupun TPQ di desa honornya minim. Ini suara masyarakat Jateng,” kata Juru Bicara Fraksi PPP DPRD Jateng, Nur Khasanah. (fth/ric/ce1)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here