31 C
Semarang
Rabu, 12 Mei 2021

Adu Inovasi dan Kreatifitas dalam WMM

SEMARANG – Sebanyak 27 peserta berkompetisi dalam Wirausaha Muda Mandiri (WMM), kemarin. Para peserta dari Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta ini mempresentasikan produk-produk kreatif maupun usaha jasa yang mereka geluti.

Kategori yang dikompetisikan cukup beragam. Mulai dari wirausaha industri perdagangan dan jasa, wirausaha kreatif, wirausaha boga, wirausaha sosial hingga wirausaha muda yang bergerak di bidang pemanfaatan teknologi untuk layanan keuangan atau dikenal dengan sebutan Fintech.

Kreatifitas dan inovasi menjadi salah satu hal yang ditonjolkan oleh masing-masing peserta. Aufa Arsandi, misalnya. Peserta asal Yogyakarta ini mengangkat produk cokelat yang tidak biasa. Di antaranya cokelat kopi yang ia labeli dengan nama ‘Wani Ora’. “Sebelumnya kami pernah kembangkan cokelat pedas dan cokelat green tea. Kali ini saya bawa coklat kopi. Idenya berasal dari hal-hal yang kekinian. Pertama cokelat banyak penikmat, kedua kopi lagi naik daun. Saya gabungkan,” bebernya.

Begitu juga dengan Arya. Peserta asal Yogyakarta ini juga tak kalah jeli dalam membaca peluang. Melalui produk lampu kanvas yang dikreasikan dengan lukisan, ia menyasar segmentasi mulai dari remaja hingga dewasa.  “Biasanya kita suka sesuatu yang beda. Lampu-lampu hias mungkin sudah banyak, tapi kalau bisa disesuaikan dengan keinginan, diberi foto, dilukis sesuai selera pasti akan lebih menarik. Sejauh ini konsumen juga beragam, ada yang untuk dipakai pribadi, hiasan kafe hingga kado,” paparnya.

Regional CEO Bank Mandiri Region VII/Jawa 2, Maqin Norhadi mengatakan, sejak digelar 2007, WMM telah memberikan pembinaan dan pengembangan bisnis kepada lebih dari 25.000 wirausaha muda dari seluruh Indonesia melalui workshop, coaching, promosi dan pemasaran serta pembiayaan. “Sesuai dengan tema pelaksanaan WMM kali ini yaitu ‘Muda, Inovatif, Peduli’, kami ingin menjadikan WMM sebagai salah satu elemen penting dalam pembentukan ekosistem wirausaha yang kondusif untuk menumbuhkembangkan wirausaha muda yang tangguh, visioner, inovatif serta memiliki keinginan yang kuat untuk berkontribusi positif bagi masyarakat. Sehingga dapat meningkatkan daya saing bangsa,” tandasnya.

Seluruh finalis WMM ini, lanjutnya, juga akan mendapat akses pembiayaan melalui fasilitas Kredit Usaha Rakyat (KUR) Bank Mandiri. “Ini juga salah satu bentuk dukungan kami agar para wirausaha muda ini dapat mengembangkan usaha mereka sehingga dapat tumbuh berkelanjutan,” ujarnya. (dna/smu)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here