31 C
Semarang
Jumat, 14 Mei 2021

Terapkan Trik Agar Siswa Gemar Membaca

MAGELANG – Wali Kota Magelang, Sigit Widyonindito meminta masyarakat agar membudayakan gemar membaca. Menurutnya, budaya baik ini harus dimulai sejak kecil. Pesan ini disampaikan Sigit saat memimpin upacara bendera, di SD N Wates 2, Magelang Utara.

“Di sinilah peran orang tua dan guru untuk memotivasi,” kata Wali Kota Sigit, didampingi wakilnya, Windarti Agustina, kemarin.

Perhatian itu dianggap penting, sebab diakuinya, budaya membaca di kalangan pelajar makin menurun. Seiring perkembagan teknologi, terutama kecanggihan teknologi pada smartphone. “Padahal, dengan membaca, membantu siswa makin matang dalam berpikir, serta melatih mereka untuk berinovasi,” ujarnya.

Karena itu, Pemkot Magelang sangat konsentrasi untuk memberikan ruang baca yang nyaman bagi masyarakatnya. Yakni, dengan menambah kelengkapan fasilitas Perpustakaan Umum Kota Magelang. “Kita harus melakukan cara agar anak-anak tertarik membaca buku.”

Pengelola perpustakaan SD Negeri Wates 2, Yananing mengatakan, budaya membaca di sekolahnya sudah cukup berjalan. Saat jam istirahat, siswa diajak berkunjung ke perpustakaan. Lalu, para guru memberikan pelajaran di perpustakaan. “Para guru mengatur jadwal, agar para siswa tidak jenuh saat membaca buku. Seperti menyediakan CD dan DVD. Dan koleksi buku sekitar 7.000 eksemplar dengan 1.300 judul buku yang bisa dicari menggunakan komputer, serta bagaimana cara mencari katalog buku,” imbuhnya.

Sementara itu, Sekretaris Perpustakaan Umum Kota Magelang, Triyamto mengatakan, jumlah kunjungan perpustakaan di kalangan pelajar mulai meningkat. Apalagi, saat ini menjelang ujian nasional. Ia menyediakan sekitar 100 eksemplar buku latihan soal-soal ujian. Dari tingkat SD, hingga SMA/SMK sederajat.

“Kami akan menambah jumlah koleksi buku untuk menambah referensi,” ujarnya.

Pihaknya juga menambah jam operasional perpustakaan. Pada hari biasa, pelayanan perpustakaan buka hingga pukul 15.00. Sedangkan hari Sabtu-Minggu, tutup pukul 16.00. Selain itu, pihaknya mendorong perkembangan perpustakaan di tingkat kelurahan. Agar ikut berperan dalam sosialisasi budaya gemar membaca, dnegan mengadakan lomba perpustakaan tingkat kelurahan. (put/lis)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here