31 C
Semarang
Kamis, 6 Mei 2021

Arsip Dispendukcapil Rawan Hilang

DEMAK-Arsip kependudukan yang ditangani Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Pemkab Demak masih belum dapat disimpan secara aman. Sebab, pasca pindah dari kantor lama di Jalan Sultan Fatah ke Gedung Ungu Pemkab Demak, arsip data kependudukan tersebut masih kekurangan tempat penyimpanan. Akibatnya, ratusan arsip bersampul kuning tersebut tampak menumpuk di lorong gedung lantai 2 bagian tengah.

Kepala Dispendukcapil Pemkab Demak, Afhan Noor melalui Sekretarisnya, Slamet Widodo mengatakan bahwa arsip yang kekurangan tempat tersebut dikhawartirkan ada yang hilang. Padahal, arsip itu keberadaannya sangat vital bagi warga yang membutuhkan dokumen kependudukan. “Ya kondisinya memang masih menumpuk seperti itu. Masih ada beberapa rak arsip yang belum dipindah ke tempat baru ini. Karena memang belum ada tempatnya,” ujar dia, kemarin.

Dia menambahkan, arsip kependudukan itu tercatat mulai tahun 70-an hingga sekarang. “Arsip-arsip itu tidak boleh hilang dan harus dirawat dengan baik. Hanya saja, kendalanya memang kurang tempat,” katanya.

Kasubag Umum dan Kepegawaian Dispendukcapil, Sutrisno menambahkan bahwa sebetulnya selain arsip berupa buku tebal, pihaknya juga di-backup dengan arsip elektronik. “Meski begitu, yang penting adalah arsip yang dijilid itu, yang merupakan bukti otentik. Biasanya dibutuhkan saat ada sengketa hak waris, adopsi anak atau perkara hukum lainnya, termasuk perkawinan,” katanya.

Dia mengatakan, dengan terbatasnya tempat di gedung ungu tersebut, pihaknya telah mengusulkan agar kantor Dispendukcapil dipindahkan ke gedung eks Badan Kepegawaian Daerah (BKD) di Jalan Sultan Hadiwijaya, Kota Demak. “Selain tempat parkirnya luas, akses jalan utama yang baik juga memiliki ruangan khusus untuk arsip,” ujarnya. (hib/ida)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here