31 C
Semarang
Senin, 10 Mei 2021

Longsor Tutup Sejumlah Jalan

MUNGKID – Ancaman tanah longsor di Kabupaten Magelang terus terjadi. Sejumlah longsor dilaporkan terjadi di wilayah ini dan mengakibatkan sejumlah jalan tertutup material.

Informasi yang dihimpun koran ini, longsor terjadi di Kecamatan Sawangan, Bandongan dan Kajoran. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini namun akses jalan tertutup sehingga warga terpaksa memutar lebih jauh.

Longsor terparah terjadi di Dusun Kadisono Desa Gantang Kecamatan Sawangan. Longsor terjadi Sabtu (25/2) sekitar pukul 10.00 WIB. Saat kejadian kondisi setempat tidak hujan. “Tapi sejak sore sampai malam (Jumat, 24/2)kawasan ini diguyur hujan deras,” kata Walidi, warga sekitar.

Tebing setinggi 6 meter di Dusun tersebut akhirnya longsor. Material longsor menutup jalan sepanjang 7 meter dengan ketebalan 2 meter. Pepohonan juga turut serta dalam longsor tersebut.

Longsor ini mengakibatkan putusnya jalan antardesa tersebut. Untuk membuka jalur dibutuhkan alat berat. “Kalau manual tidak bisa,” katanya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang Edy Susanto mengatakan, pihaknya sudah menerjunkan tim ke lokasi kejadian. “Kita sudah lakukan assesment di lapangan apa saja yang dibutuhkan,” katanya.

Hingga Minggu (26/2), material longsor masih belum bisa dibersihkan. Sebuah alat berat diturunkan karena ketebalan dan lebar longsor yang sangat besar.

Tanah longsor juga terjadi di Desa Wuwuharjo, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Kajoran sisi timur Pasar Tunggangan. Tebing di tempat itu longsor sehingga menutup jalan Kajoran-Wonosobo. Longsor ini sempat mengakibatkan lalu lintas terputus karena jalanan tertutup material longsor.

BPBD Kabupaten Magelang dan petugas gabungan langsung menangani wilayah longsor ini. Jajaran Polsek Kajoran juga sudah turun ke lokasi untuk membantu arus lalu lintas dengan sistem buka tutup. “Saat ini (kemarin, red) sedang dilakukan pembersihan dengan alat seadanya agar arus lalu lintas bisa lewat karena kondisi masih hujan di takutkan terjadi longsor susulan,” kata Kapolsek Kajoran AKP Haris Gunardi.

Menurutnya, longsor berasal dari tebing setinggi 4 meter. Material longsor sempat menutup seluruh badan jalan sebelum akhirnya mulai bisa dibersihkan. (vie/ton)

 

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here