31 C
Semarang
Jumat, 14 Mei 2021

Berlatih Bikin Bola Lampu Hias

SEMARANG – Puluhan ibu rumah tangga dari RW 1 hingga RW 9 Kelurahan Gayamsari beserta mahasiswa KKN UPGRIS 2017 berkreasi membuat kerajinan tangan berupa bola lampu hias karakter. Berbekal benang jahit, bola tiup, body lotion dan lem kayu, ibu-ibu antusias mengikuti pelatihan yang diselenggarakan mahasiswa KKN pada Sabtu (25/2) di Aula Kelurahan Gayamsari.

Korkel Mahasiswa KKN UPGRIS 2017 Kelurahan Gayamsari, Agung Riyadi mengatakan, melalui kegiatan ini mahasiswa mengajak masyarakat khususnya ibu-ibu rumah tangga untuk mengasah kreativitas dan ketrampilan untuk menghasilkan suatu karya yang bernilai ekonomis sebagai upaya bersama-sama untuk meningkatkan produktivitas di waktu-waktu luang. ”Selain itu mahasiswa bisa memperoleh pengalaman belajar yang berharga melalui keterlibatan langsung dengan masyarakatnya,” katanya.

Instruktur Pelatihan Nunuk Lestari Hartini menjelaskan, untuk membuat satu buah bola lampu karakter langkah pertama ialah menyiapkan satu balon yang sudah ditiup. Kemudian lapisi seluruh permukaan dengan body lotion. Selanjutnya lapisi lagi seluruh permukaan dengan lem kayu, kemudian lilitkan benang ke seluruh permukaan sampai tebal.

Setelah selesai, keringkan dengan cara diangin-anginkan di dalam ruangan. Setelah kering, buat lubang di bagian bawah balon dan keluarkan balon yang ada di dalam. Langkah terakhir adalah menghias dengan menggunakan kain flanel sesuai karakter yang ingin dibentuk. Ada beragam karakter-karakter lucu yang dihasilkan dari kreasi ini seperti Doraemaon, Tweety dan Hello Kity. (zen/sct/ric/ce1)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here