31 C
Semarang
Rabu, 12 Mei 2021

Munculkan Varian Baru Buah Durian

SEMARANG-Ada dua daerah di Kota Semarang yang memiliki potensi penghasil buah durian unggulan, yakni Gunungpati dan Mijen. Wali Kota Hendrar Prihadi ingin Semarang dikenal dengan produk buah duriannya dengan rasa jawara.

Salah satu upaya untuk menjaga kualitas produk durian unggulan tersebut, Pemkot Semarang melalui Dinas Pertanian menggelar Festival Durian setiap tahunnya. Dari event tersebut, diharapkan muncul varian durian unggulan baru.

Dalam lomba durian unggul tahun ini dimenangkan oleh Durian Ross milik Tresno warga Mangunsari Kecamatan Gunungpati. “Setiap tahun kami mencari durian unggulan melalui Festival Durian ini. Para pemenang, saya minta bisa membudidayakan lebih banyak lagi dan membagi bibitnya ke petani lain. Sehingga dapat memunculkan durian dengan kualitas juara di Kota Semarang,” terang Hendrar Prihadi, saat menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba durian unggul, di lapangan Waduk Jatibarang, Minggu (25/2) kemarin.

Menurut Hendi, sapaan akrabnya, di Kota Semarang terdapat 2 kecamatan penghasil buah durian terbanyak, yakni Gunungpati dan Mijen. Sehingga, jika tidak ada upaya pelestarian melalui acara Fesival Durian ini, dikhawatirkan perkebunan milik petani akan dialihfungsikan menjadi industri.

Selain memberikan ruang dalam sebuah acara Festival Durian, lanjut wali kota, Pemkot juga memberikan perlindungan dan motivasi kepada para petani agar perkebunan yang dimilikinya dapat dirawat dan dipertahankan dengan baik. Salah satunya dengan memberikan fasilitas pupuk, pelatihan cara pemasaran hingga pengolahan prodak hasil perkebunan yang dapat memiliki nilai ekonomis tinggi. “Dengan demikian, hasil perkebunan dapat menjadi mata pencarian yang menjanjikan dan wilayah resapan di dua kecamatan ini dapat tetap terjaga,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kota Semarang, Rusidana menjelaskan bahwa Festival Durian ini memang telah menjadi agenda tahunan. Karena itu, pihaknya ingin setiap tahun ada varian baru buah durian yang memiliki citrarasa jawara. “Buah durian unggul hasil lomba ini, akan dilombakan di tingkat provinsi pada Maret mendatang,” katanya.

Rusdiana menjelaskan ada dua kriteria penilaian lomba durian ini. Pertama kuantitas, dari segi berat dan warna tampak luar buah durian tersebut, kemudian kualitas rasa, warna daging dan tekstur buah durian.

Festival durian yang digelar di Lapangan Waduk Jatibarang kemarin menarik perhatian wisatawan, baik lokal maupun luar daerah. Setiap stand durian terlihat ramai pembeli. “Kami sengaja datang ke sini karena penasaran dengan durian produk Semarang yang katanya enak,” ujar Yakub Utomo, 39, warga asal Solo yang datang bersama keluarganya. (zal/ida)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here