31 C
Semarang
Senin, 17 Mei 2021

Sarankan Pestisida dari Biji Mimba

TEMANGGUNG—Penanganan hama dan penyakit tembakau bisa dilakukan dengan pestisida alama. Yakni, menggunakan biji mimba yang dibuat pestisida. Cairan ini akan mengurangi nafsu makan ulat dan menurunkan fertilitas. Jika dicampur cengkeh dan serai, bisa bermanfaat sebagai antibiotik dan antijamur.

Hal itu disampaikan oleh staf peneliti Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat (Balitas) Malang, Titiek Yulianti, pada sosialisasi pertembakauan Temanggung, kemarin.

Titiek menyampaikan, hama pada tembakau antara lain ulat pupus, ulat, ulat jengkal, dan ulat tanah. Juga ulat penggerek batang, kutu daun dan kutu putih. Sedangkan hama yang menyerang adalah penyakit patik, lanas, busuk batang, layu bakteri dan berbagai virus.

Titiek memprediksi, pada musim tanam 2017, serangan hawa dan penyakit tembakau masih cukup tinggi. Untuk itu, petani diminta waspada dampak ikutan perubahan cuaca. “Petani dapat memanfaatkan musuh alami dan menggunakan obat-obat pabrik. Namun, yang lebih baik mencegahnya dan gunakan musuh alami,” kata Titiek. (jpg/isk)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here