APRESIASI: Asisten III Ayu Entys menyerahkan penghargaan kepada wajib pajak hotel, restoran, hiburan dan parkir berprestasi, di Majesty Convention Hall, Kamis (23/2). (Rizal Kurniawan/Jawa Pos Radar Semarang)
APRESIASI: Asisten III Ayu Entys menyerahkan penghargaan kepada wajib pajak hotel, restoran, hiburan dan parkir berprestasi, di Majesty Convention Hall, Kamis (23/2). (Rizal Kurniawan/Jawa Pos Radar Semarang)

SEMARANG – Pemkot Semarang melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) memberi apresiasi kepada 25 wajib pajak (WP) berprestasi dari empat jenis pajak, yakni restoran, tempat hiburan, hotel, dan pajak parkir.

Kepala Bapenda Kota Semarang Yudi Mardiana menjelaskan kriteria penilaian dalam pemberian penghargaan wajib pajak ada 5 hal yaitu, menyelenggarakan pembukuan dengan tertib, ketepatan waktu dalam membayar pajak, besarnya setoran pajak dan penggunaan nota pembayaran secara tertib. Khusus hotel ada 1 poin tambahan yaitu tingkat kewajaran hunian kamar. ”Wajib pajak ini merupakan mitra dari pemkot, selain itu target pajak kita setiap tahun selalu naik, tidak mungkin turun. Oleh karena itu kami berikan penghargaan bagi WP yang selama ini telah menyumbang dan pendukung pembangunan melalui pembayaran pajak,” kata Kepala Bapenda Kota Semarang Yudi Mardiana, usai memberi penghargaan kepada para WP di Majesti Convention Hall, Jalan Gajahmada, Kamis (23/2).

Menurutnya, target pajak restoran sebesar Rp 100 miliar, parkir khusus Rp 12,5 miliar, dan restoran Rp 103 miliar. ”Memang paling tinggi selama ini masih PBB dan BPHTB,” terang Yudi sembari menambahkan, untuk pajak hotel tertinggi apresiasi diberikan kepada Novotel, pajak hiburan tertinggi Citra 21, dari sektor parkir Stasiun Tawang, dan restoran adalah Shabu Auce.

Yudi menambahkan, target penerimaan pajak daerah Kota Semarang dari tahun ke tahun semakin meningkat. Hal ini dapat dilihat dari target 2016 sebesar Rp 886.964.751.000. Dan dapat terealisasi sebesar Rp 999.987.561.148, atau 112,74 persen. Sedangkan untuk 2017 target pajak daerah sebesar Rp 1.080.695.471.000, dan sampai 17 Februari 2017 baru terealisasi Rp 108.868.993.016, atau 10,07 persen.

Asisten Administrasi Ekonomi Pembangunan dan Kesra Sekda Kota Semarang, Ayu Entys mengatakan, apresiasi kepada wajib pajak berprestasi dilaksanakan setiap tahun oleh Pemkot Semarang dengan tujuan meningkatkan hubungan kemitraan antara Pemkot Semarang sebagai fiskus dengan para wajib pajak. ”Selain itu dapat memotivasi para wajib pajak agar lebih meningkatkan partisipasi dan prestasinya dalam mendukung peningkatan pajak daerah Kota Semarang,” ujar Ayu Entys. Dia berharap pemberian penghargaan kepada wajib pajak daerah bisa benar-benar menjadi pelecut semangat dan komitmen dari semua pihak untuk lebih taat dan tertib pajak. (zal/ce1)