31 C
Semarang
Rabu, 5 Mei 2021

Warga Tegur Rekanan Pembangun Tol

KAJEN-Puluhan warga mendatangi base camp rekanan proyek pembangunan jalan tol Pemalang-Batang, PT Sumber Mitra Jaya (SMJ) di Sragi, Kamis (23/2) kemarin. Mereka meminta pihak rekanan pelaksana proyek tol, untuk selalu menjaga kebersihan jalan yang dilalui oleh armada truk yang mengangkut tanah merah.

Rusmanto, 34, warga Desa Wangandowo, mengungkapkan bahwa sepanjang jalan utama Wangan Dowo, hampir setiap hari terjadi kecelakaan lalu lintas tunggal, karena jalan licin. Akibat armada truk milik PT SMJ yang tidak menutup truknya dengan terpal.

Menurutnya, jika pihak PT SMJ tidak memperhatikan kebersihan dan ketertiban, warga akan menutup jalan yang dilalui oleh truk milik PT SMJ selaku rekanan pelaksana proyek jalan tol. “Kami hanya minta agar PT SMJ selalu membersihkan jalan agar tidak licin, dan menjaga agar jalan tidak berdebu ketika panas,” kata Rusmanto.

Plt Camat Bojong, Abdul Qoyum, menyatakan juga bahwa sepanjang jalan Desa Bojong Lor hingga Jalan Desa Wangan Dowo, dan jalan raya menuju kantor Pemkab Kajen penuh dengan ceceran tanah liat merah. Bahkan, pihak Kecamatan Bojong sudah beberapa kali mengingatkan, agar armada truk milik PT SMJ dilengkapi terpal penutup tanah, sehingga tidak berceceran di sepanjang jalan yang dilaluinya. “Kami sudah mengingatkan kepada pihak rekanan, karena keluhan masyarakat sangat banyak. Bahkan, hampir setiap hari warga melapor tentang jalan licin dan kecelakaan lalu lintas,” ungkap Qoyum.

Menurutnya, warga desa hanya menuntut agar pihak rekanan selalu membersihkan jalan yang terkena ceceran tanah liat, agar jalan tidak licin saat hujan dan berdebu ketika panas matahari.

Sementara itu, Manager Teknik PT SMJ, Ahmad Eko, membantah jika pihaknya tidak membersihkan jalan yang dilalui armada truk. Namun tingginya aktivitas angkutan armada tersebut, memang tidak bisa maksimal dalam membersihkan jalan. “Jalan sudah kami bersihkan, bukan tidak kami bersihkan,” tegas Eko ketika dikonfirmasi terkait jalan licin tersebut. (thd/ida)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here