31 C
Semarang
Kamis, 13 Mei 2021

Berikan Motivasi, Kunjungi Sekolah Binaan

BATANG-Untuk memberikan motivasi dan semangat kepada guru dan siswa menjelang Ujian Nasional (UN), Kepala Unit Pelayan Terpadu (UPT) Disdikbud Kecamatan Subah, Ristanto, mengunjungi sekolah-sekolah binaannya. Hingga kali ini, sudah 15 SD yang dikunjungi dari jumlah 32 SD, 26 TK dan 18 Kelompok Bermain yang ada di Kecamatan Subah.

Pria supel dan humoris ini, sejak dulu kerap membuat gebrakan baru di lingkungan kerjanya dalam meningkatkan prestasi guru maupun siswa. Kunjungan kali ini, di SD Kalimanggis di Dukuh Krajan Desa Kalimanggis. Agar tidak mengganggu jam belajar, pertemuan dilakukan pasca KBM (Kegiatan Belajar Mengajar).

“Kunjungan ini untuk menggembleng siswa dan meningkatkan disiplin kerja guru agar siap menghadapi ujian yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini,” ucap Ristanto, Kamis (23/2) ini.

Di hadapan siswa kelas VI, Ristanto memberikan wejangan agar para siswa mempersiapkan diri sebaik mungkin. Karena tidak lama lagi, akan ada ujian akhir. “Jadilah anak yang membanggakan bagi orang tua, guru, agama, nusa dan bangsa. Kalian adalah tunas bangsa yang kelak akan melanjutkan memimpin negeri ini. Oleh karena itu, tingkatkan kedisiplinan dan giatlah belajar. Tanamkan pola pikir Saya Harus Lulus untuk memotivasi diri agar kelulusan bisa maksimal,” kata Ristanto bersemangat.

Selain Kepala UPT, Pengawas SD tersebut Mursidi menjanjikan reward Rp 500 ribu bagi siswa yang berhasil memperoleh nilai sempurna di ujian nanti. “Reward ini, hanya untuk menambah semangat belajar anak didik saja. Tidak ada tujuan lain,” ungkapnya.

Kepala SD Kalimanggis, Suprapti, merasa senang dengan kedatangan pimpinannya. Selain diperhatikan, siswa dan guru jadi semangat menjelang ujian mendatang. Menurutnya, selama ini dalam mendidik siswa dan guru, selalu ditanamkan nilai kedisiplinan dan rasa kebanggaan terhadap sekolah sejak dini. Atas prinsip itu, hingga kini sekolahnya memiliki prestasi yang cukup membanggakan. “Siswa kami banyak yang berprestasi, dari pribadi maupun kelompok,” jelasnya.

Diungkapkan juga, pada 2016 lalu, salah satu siswa Nasyaira Fathia Adisty menyabet juara II Dokter Kecil Tingkat Kabupaten Batang dan Siswa Berprestasi Peringkat II Tingkat Kabupaten Batang. Bahkan menyabet juara I Lomba Catur Tingkat Kecamatan. “Tahun ini, kami juga mengirimkan wakil ke ajang lomba Dokter Kecil di Batang atas nama Tiza Fanie Aurelli yang saat ini masih duduk di kelas IV,” ungkapnya.

Selain itu, pretasi lain yang diraih siswanya antara lain Juara 1 Lomba Geguritan Tingkat Kabupaten Batang. Dan juara 3 lomba Bercerita Legenda Tingkat Kabupaten Batang. “Selain prestasi akademik dan non akademik, untuk memupuk mental siswa, setiap hari Sabtu kami mengadakan kegiatan penghijauan di lingkungan sekolah sehingga sekolah kami sejuk, hijau dan indah dengan aneka tanaman. Siswa juga suka tanaman dan cinta lingkungan,” tandas Suprapti. (han/sct/ida)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here