31 C
Semarang
Kamis, 6 Mei 2021

6.764 Botol Miras Dimusnahkan

WONOSOBO – Sebanyak 6.764 botol minuman keras (miras) berbagai merk dan sampel pupuk bersubsidi dimusnahkan oleh Kejaksaan Negeri Wonosobo. Barang yang dimusnahkan merupakan barang bukti atas putusan pengadilan yang telah memiliki kekuatan hukum tetap. Pemusnahan dengan menggunakan ekskavator berlangsung di tempat pembuangan  sampah akhir (TPA) Wonorejo, Kamis (23/2).

Kepala Kejaksaan Negeri Wonosobo menyampaikan, miras yang dimusnahkan merupakan barang bukti kasus sejak 2012. Pemusnahan baru bisa dilaksanakan mengingat tersangka terus melakukan upaya hukum lebih tinggi. “Barang bukti yang dimusnahkan adalah barang bukti dari kasus pelanggaran bea cukai dan pengedaran minuman keras golongan B dan C tanpa izin,” jelasnya.

Agustinus membeber, selain minuman keras, dalam kesempatan sama juga dimusnahkan pupuk bersubsidi dari berbagai jenis. Namun untuk barang bukti pupuk bersubsidi yang dimusnahkan hanya sebatas sampel. Adapun pupuk bersubsidi lainnya dilelang dan hasilnya disetorkan ke kas negara. “Tidak semuanya dibakar dan mekanisme tersebut sudah sesuai dengan peraturan dan tidak melanggar hukum,” katanya.

Bupati Wonosobo Eko Purnomo yang melihat langsung pemusnahan mengaku sangat mendukung dan mengapresiasi langkah Kejari Wonosobo, Polres dan pihak yang berwenang, dalam menangani berbagai kasus kejahatan di Wonosobo. “Semoga apa yang telah dilakukan bisa menimbulkan efek jera bagi para pelaku. Sehingga k edepannya bisa tercipta kondisi yang aman dan nyaman bagi Kabupaten Wonosobo,” harapnya. (cr2/ton)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here