31 C
Semarang
Jumat, 14 Mei 2021

Dana Repatriasi Mengalir ke Produk Wealth

SEMARANG – Dana repatriasi yang masuk melalui bank getaway sebagian besar mengalir ke produk wealth management. Produk perbankan jenis ini banyak menjadi pilihan karena dinilai cukup menguntungkan.

Region Head Bank OCBC NISP, Esther Aminoto mengatakan, sebagai salah satu lembaga yang ditunjuk sebagai bank getaway pada gelombang terakhir, hasil yang diterima cukup menggembirakan. “Dana repatriasi yang masuk ke kami skala nasional mencapai kisaran trilyun. Jateng juga menikmati limpahan dana repatriasi ini dengan transferan dana mencapai kisaran ratusan juta,” ujarnya, kemarin.

Product wealth yang terdiri dari reksadana, obligasi, maupun asuransi menjadi produk yang diminati oleh nasabah. Setidaknya 30 persen dana repatriasi masuk ke produk-produk tersebut. “Sedangkan sisanya stay di deposito dan sejenisnya,” jelas Esther.

Menurutnya, para wajib pajak yang memasukkan dana mereka kembali ke dalam negeri ini masih menantikan kebijakan global. Sehingga mereka lebih memilih memasukkan dana dalam produk-produk kombinasi. Di antaranya reksadana, obligasi maupun asuransi dalam mata uang dollar dan rupiah. “Mereka masih wait and see, kondisi ekonomi, politik global dan juga politik dalam negeri seperti apa. Bisa jadi sebagian berpikir dana mau dirupiahin semua tapi siapa tahu nanti dollarnya menguat lagi. Karena itu kebanyakan pilih yang produk kombinasi,” tambahnya.

Sedangkan untuk sisa gelombang tiga bulan terakhir dari program Tax Amnesty ini, menurutnya dana yang mengalir tidak akan sebanyak dari gelombang-gelombang sebelumnya. Karena sebagian besar wajib pajak sudah melakukan baik deklarasi maupun repatriasi. “Untuk yang deklarasi saja berarti kan dana masih di luar, padahal harapannya dana bisa masuk. Dan untuk tiga bulan terakhir ini kebanyakan para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Sehingga sepertinya tidak akan semeriah gelombang-gelombang sebelumnya,” tukas Esther. (dna/smu)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here