31 C
Semarang
Jumat, 14 Mei 2021

Telkom Dukung Program Smart City

SEMARANG – Teknologi telekomunikasi berkembang sangat cepat khususnya untuk layanan data. Telkom sebagai BUMN milik pemerintah terus melakukan upgrade layanan. Di antaranya dalam upaya mengembangkan program Smart City yang dicanangkan Pemerintah Kota Semarang.

Guna mendukung layanan tersebut, Telkom melakukan kerjasama dengan perumahan-perumahan di antaranya Kalasan Residen. Di komplek perumahan yang akan dibangun sebanyak 60 unit ini semua terkoneksi dengan internet.

General Manager (GM) Telkom Witel Semarang Tomin Agusman disela-sela peresmian fasilitas Smart Home di Perumahan Kalasan Residen kemarin mengungkapkan kecanggihan dan kelengkapan program SmartHome menjadi solusi bagi mereka yang sibuk kerja. Pasalnya dengan Smart Home, mereka bisa mengontrol kondisi rumah hanya dengan satu gadget. “Masyarakat yang sibuk kerja, tidak perlu repot lagi , karena hanya dengan  satu sentuhan  di layar gadget, maka semua kebutuhan  dan keperluan  di rumah tinggal, bisa dilakukan dengan satu klik. Cukup mengakses melalui internet dan aplikasi  Smart Home  semua bisa dilakukan, mulai dari menyalakan lampu, menghidupkan peralatan elektronik  dan melihat kondisi rumah melalui  CCTV,” jelasnya.

Saat ini Telkom terus melakukan penetrasi Smart Home dalam rangka mewujudkan Smart City di kota Semarang yang digagas Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi yang juga hadir di peresmian Smart Home di Kalasan Residence. “Sudah ada 7 perumahan yang sudah bergabung saat ini di antara Kalasan Residence,” jelasnya.

Menurut Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, kehadian teknologi akan semakin mempermudah masyarakat dalam melakukan komunikasi. Smart Home tentunya akan memiliki dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi di kota Semarang.

Sementara itu Direktur Perumahan Kalasan Residence, mengungkapan, rencananya akan membangun 60 unit rumah di kawasan Kalasan Residence dengan luas lahan sekitar 1 hektar lebih. Namun pada tahap awal ia akan membangun 25 unit rumah dengan harga mulai Rp 750 juta. “Semua rumah di Kalasan Residence ini sudah terkoneksi internet dengan program Smart Home dari PT Telkom. Jadi konsumen yang membeli rumah selama 6 bulan akan mendapatkan layanan Smart Home  gratis,” tuturnya. (tya/smu)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here