Beranda Radar Kedu Diterjang Banjir, Jembatan Antardusun Ambrol

Diterjang Banjir, Jembatan Antardusun Ambrol

Others

TEMANGGUNG—Berbagai bencana alam menimpa wilayah eks Karesidenan Kedu sejak Minggu (19/2) lalu. Mulai dari longsor, banjir hingga angin puting beliung.

Di Desa Batur Kecamatan Kaloran Kabupaten Temanggung, banjir pada Minggu (19/2) lalu telah merobohkan jembatan penghubung antardusun. Jembatan ini ambrol setelah fondasinya tergerus arus air yang deras. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Temanggung Agus Sudaryono mengatakan, saat itu, hujan deras terjadi di hulu dan sekitar sungai Mengor. Akibatnya arus air meningkat dan terjadi banjir. “Kebetulan tidak ada warga yang melintas, arus sungai Mengor sangat deras membuat fondasi tergerus dan tidak kuat lagi menyangga jembatan,” katanya.

Jembatan yang ambrol ini sehari-hari digunakan warga untuk meraktivitas dari Dusun Batur Desa Kaloran dengan Dusun Rowo Rejosari atau Dusun Bembret Desa Tlogopucang Kecamatan Kandangan. Arus lalu lintas di lokasi ini terputus total. Kendaraan maupun pejalan kaki sudah tak bisa lagi melintasi jembatan. Warga terpaksa menempuh jalan memutar dengan jarak yang lebih jauh.

Disampaikan jembatan yang roboh itu memiliki lebar 4 meter, tinggi 10 meter dan panjang sekitar 13 meter. “Kami berharap jembatan segera diperbaiki, pembangunan akan dikonsultasikan pada Bupati,” katanya.

Kemudian pada Senin (20/2), sekitar pukul 14.00 WIB, bencana angin puting beliung menimpa Dusun Brangkongan II RT 06 RW 02 Desa Kalirejo Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung. Akibatnya sebuah rumah milik Mei, 60, rusak pada bagian belakang. Kerugian diperkirakan mencapai Rp 12 juta.

Sementara kemarin (21/2), hujan deras mengakibatkan bencana longsor di Dusun Manggal Desa Gunungsari Kecamatan Windusari Kabupaten Magelang. Sebuah tebing dengan panjang 15 meter dan lebar 3 meter longsor hingga menutup akses jalan penghubung Desa Gunungsari ke Kecamatan Windusari. Material longsoran juga merusak ladang jahe milik warga. (jpg/ton)

 

Stay Connected

12,286FansSuka
35PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest News

Semut Raksasa

Related News

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here