31 C
Semarang
Sabtu, 15 Mei 2021

53 Warga Asing Ditangkap

SEMARANG Sebanyak 53 warga negara asing (WNA) ditangkap oleh aparatur Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Jawa Tengah. Rata-rata mereka yang ditangkap melakukan pelanggaran izin tinggal.

Kepala Divisi Keimigrasian Kakanwil Kemenkumham Jateng, M. Diah, mengatakan, penangkapan puluhan WNA tersebut dimulai sejak Januari 2017. Rata-rata mereka melakukan pelanggaran terkait izin tinggal yang tidak sesuai aturan.

”Tanggal 26 Januari 2017 lalu kita berhasil mengamankan orang asing yang bermasalah sebanyak 53 orang,” katanya kepada Jawa Pos Radar Semarang, Selasa (21/2).

Diakuinya, di awal 2017, pihaknya sudah melakukan penindakan, termasuk sudah ada yang diproses melalui pengadilan meski tindak pidana ringan. ”Sudah inkrah dan sudah kita deportasi,” ujarnya.

Menurutnya, jumlah kasus tersebut akan terus bertambah mengingat dugaan masih banyak WNA yang melakukan pelanggaran. Temuan terakhir, pihaknya menangkap seorang warga asal Malaysia yang telah menetap secara ilegal di Kota Solo sejak 2011. ”WNA tersebut menggunakan visa kunjungan sejak 2010, tapi sampai sekarang masih tinggal di Solo,” terangnya.

Pihaknya mengatakan, di Jateng terdapat kurang lebih 2 ribu WNA, dengan berbagai izin tinggal. Konsentrasi terbanyak bekerja di wilayah Cilacap. (mha/aro/ce1)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here