Terbukti Jual Miras, Dipenjara 2 Bulan

  • Bagikan

MAGELANG – Ismanto, 46, warga Gang Kantil Kemirirejo, Magelang Tengah, Kota Magelang dijebloskan ke penjara. Ismanto terpaksa ditahan dua bulan lantaran tidak sanggup membayar denda Rp 35 juta sesuai putusan majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Magelang. Ia terbukti menjual minuman keras jenis anggur merah dan anggur kolesom.

Dalam sidang putusan yang dipimpin hakim Fransisca Widiastuti, Ismanto terbukti melanggar Peraturan Daerah (Perda) Kota Magelang Nomor 10 Tahun 2016 Pasal 27 juncto 23 Huruf b tentang Pengendalian, Pengawasan, Peredaran dan Penjualan Minuman Beralkohol. ”Terdakwa divonis denda Rp 35 juta. Karena tidak sanggup memenuhi kewajiban, terdakwa diganti dengan kurungan badan 2 bulan,” tegas Fransisca.

Kapolres Magelang Kota, AKBP Hari Purnomo melalui Kasubag Humas AKP  Esti Wardiani menjelaskan, Ismanto ditangkap berdasarkan informasi dari warga setempat. Kata Esti, warga sudah cukup geram dengan aktivitas pelaku yang menjajakan minuman beralkohol di rumahnya.

”Saat digerebek, kita temukan 8 botol penuh anggur merah dan anggur kolesom. Kemudian 2 botol ukuran 0,5 liter anggur merah dan anggur kolesom,” ungkap dia. Usai sidang, barang bukti langsung dimusnahkan.

Vonis hakim lebih rendah dari tuntutan penyidik kepolisian yakni kurungan tiga bulan penjara. Esti menegaskan, denda tertinggi diberikan pada pelaku untuk membuat efek jera bagi penjual dan pengedar minuman keras di wilayah hukum Kota Magelang.

”Adanya kasus ini diharapkan menjadi pelajaran. Baik pembuat, pengedar dan peminum bisa segera sadar. Kalau ada yang terindikasi, segera laporkan,” tegasnya. (cr1/ton)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *