31 C
Semarang
Jumat, 7 Mei 2021

DPRD Cilacap Belajar Pengelolaan Terminal

TEMANGGUNG– Komisi B DPRD Kabupaten Cilacap mengadakan kunjungan kerja di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Temanggung, Selasa (21/2). Rombongan yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Cilacap Adi Saroso diterima Asisten Pemerintahan Suyono didampingi Ketua komisi B DPRD Kabupaten Temanggung Slamet Eko Wantoro dan pejabat terkait.

Pertemuan berlangsung di ruang Loka Bhakti Praja Setda Kabupaten Temanggung.

Adi Saroso menjelaskan, kunjungan kerja di Temanggung bertujuan untuk studi banding tentang pengelolaan terminal dan pengujian kendaraan bermotor. “Dari studi banding ini, diharapkan kita mendapat gambaran yang lebih konkrit, sebagai bahan kajian dan pembahasannya dengan instansi terkait, sehingga pengelolaan terminal dan pengujian kendaraan bermotor di Cilacap bisa efektif dan efisien,” ucap Adi.

Ia menilai, Temanggung telah mampu melaksanakan pengelolaan terminal dan pengujian kendaraan bermotor dengan baik. Hal itu terbukti ketika Temanggung mendapat penghargaan terminal terbaik dari Pemerintah Pusat beberapa waktu lalu.

Sementara itu, Suyono mengatakan, Temanggung memperoleh penghargaan Plakat Adipura untuk sarana dan prasarana terbaik kategori kota kecil. Penghargaan tersebut diraih karena terminal induk Madureso memiliki sarana kebersihan yang memadai serta ketersediaan ruang terbuka hijau. Di samping itu terminal juga mempunyai fasilitas jalur kedatangan, jalur keberangkatan, tempat parkir, ruang tunggu, waste management, ruang kantor, pos TPR, tempat pembelian tiket dan pusat informasi.

Selanjutnya, adapun pengujian kendaraan bermotor bertujuan memberikan jaminan keselamatan teknis terhadap penggunaan kendaraan di jalan serta agar kendaraan yang dipakai memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan. Selain itu juga memenuhi persyaratan ambang batas emisi gas buang dan tingkat kebisingan. “Kendaraan bermotor yang wajib uji meliputi bus, mobil barang, kendaraan khusus, kereta gandengan, kereta tempelan dan kendaraan umum.” bebernya. (san/ton)

 

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here