31 C
Semarang
Rabu, 12 Mei 2021

100 River Guide Sudah Bersertifikat

MUNGKID Kejuaraan Arung Jeram di Sungai Elo Kabupaten Magelang berlangsung meriah, Selasa (21/2). Ratusan atlet mengikuti kejuaraan yang memperebutkan hadiah senilai Rp 10,5 juta tersebut. Kejuaraan ini dibuka oleh Ketua DPRD Kabupaten Magelang Sariyan Adi Yanto.

Ketua Paguyuban Operator Arung Jeram Magelang-Jogja Rosyid Setiawan mengatakan, di wilayah ini ada 20 operator arung jeram yang secara bersama-sama tergabung dalam paguyuban. Dalam paguyuban tersebut, para river guide telah mendapatkan pelatihan mengenai keamanan agar pengunjung menjadi nyaman.

“Ada sekitar 150 river guide dan 100-an telah bersertifikat. Untuk lomba ini bertujuan untuk meningkatkan skill river guide lebih berkualitas, selain mendekatkan antaroperator saling mengenalnya,” kata Rosyid.

Sariyan menilai kegiatan ini merupakan embrio yang patut didukung. “Saya bangga ada nilai gotong royong yang dilakukan oleh teman-teman operator rafting ini. Di mana tujuannya tentu untuk mengenalkan potensi wisata arung jeram di Kabupaten Magelang ini,” katanya.

Secara khusus, Sariyan mengapresiasi kegiatan yang diprakarsai oleh Paguyuban Operator Arung Jeram Magelang-Jogja ini. Dia berharap potensi seperti ini bisa ditangkap oleh Pemerintah Kabupaten Magelang sebagai bagian dari promosi wisata.

Dia memimpikan di Sungai Elo maupun Progo Kabupaten Magelang diadakan festival berskala nasional. Hal itu dinilainya sangat mungkin dilakukan dengan makin banyaknya masyarakat yang terlibat dan semangat dari operator arung jeram yang ada.

Sariyan juga mengapresiasi adanya iuran yang dilakukan setiap bulannya oleh semua operator di Kabupaten Magelang. “Iuran yang dibuat untuk membersihkan Kali Elo ini membuktikan ada semangat memiliki dan menjaga kelestarian sungai.”

Wakil Ketua Lomba Arung Jeram Antaroperator Hartanto menambahkan, kejuaraan ini melombakan empat kategori. Yakni head to head, slalom, water rescue dan down river. Masing-masing tim terdiri dari empat orang atau R4. “Untuk kategori head to head akan menempuh jarak sekitar 400 meter, sedangkan down river menempuh jarak sekitar 10 kilometer dengan start dari Jembatan Blondo hingga finis di Mendut,” ujar Hartanto. (vie/ton)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here