31 C
Semarang
Senin, 10 Mei 2021

Lama Kosong, Kini Prianto Dilantik Sekdes Yosorejo

BATANG–Setelah kosong beberapa waktu, akhirnya Desa Yosorejo Kecamatan Gringsing mempunyai sekretaris desa (Sekdes) baru. Adalah Prianto, 25, yang sebelum menjadi Sekdes, berhasil berjuang menyisihkan 4 calon lain yang rata-rata memiliki wawasan dan pengalaman yang sama. Selama seleksi, setiap peserta harus menempuh ujian berupa soal tertulis dan ujian praktik di Kantor Kecamatan Gringsing, yang digelar pada beberapa waktu lalu. Selanjutnya, dilakukan penilaian dan diputuskan oleh Muspika setempat.

Pelantikan dilaksanakan Senin (20/2) kemarin, di aula Desa Yosorejo oleh Kepala Desa Yosorejo Siti Nurningsih disaksikan Camat Gringsing Rusmanto dan jajaran Muspika Kecamatan Gringsing, Kepala KUA, BPD, perangkat desa dan masyarakat umum. “Alhamdulillah, setelah berjuang sekuat tenaga selama proses seleksi dan ujian, akhirnya saya terpilih sebagai Sekdes,” ujar Prianto, ayah 1 anak yang berdomlisi di Dukuh Morosari Desa Yosorejo tersebut.

Sedangkan Kades Yosorejo, Siti Nurningsih, meminta agar Sekdes yang baru bisa menjadi partner dan melayani masyarakat dengan sepenuh hati sesuai sumpah jabatan. “Saya harap, Sekdes yang baru bisa bekerja dan melayani warga dengan baik. Agar Desa Yosorejo bisa lebih baik ke depannya,” harap kades.

Demikian halnya dengan Camat Gringsing Rusmanto yang hadir dalam pelantikan Sekdes DesaYosorejo tersebut. Menurutnya, semua pejabat pemerintahan dengan kedudukan apapun, harus menjunjung tinggi sumpah jabatan.

“Jabatan Sekdes adalah jabatan strategis yang membutuhkan kemampuan lebih. Karena itu, sekdeslah yang menjembatani urusan pemerintahan desa dengan masyarakat dan kepada instansi lain. Jadi harus punya banyak pengalaman dan jaringan yang kuat,” katanya.

Terpisah Kapolsek Gringsing melalui Kanit Binmas IPDA Slamet Riyanto, mengucapkan selamat atas pelantikan sekdes tersebut. Selain itu, Polsek Gringsing juga siap bekerja sama dengan pihak sekdes yang baru, dalam setiap memenangi permasalahan di desa setempat. “Polisi bersama TNI, selalu melakukan pembinaan dan pengawasan agar setiap permasalahan yang timbul di masyarakat, tidak membesar dan merugikan kepentingan bersama. Karena itu, kami minta kerjasama dengan pihak Pemrintahan Desa. Jika ada permasalahan, bisa segera berkoordinasi dengan kami,” harap IPDA Slamet Riyanto. (han/sct/ida)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here