31 C
Semarang
Rabu, 5 Mei 2021

Begal Motor Berhasil Diringkus

KENDAL—Pelaku begal motor yang kerap beroperasi di wilayah Singorojo, berhasil ditangkap Satuan Reskrim Polsek Singorojo. Penangkapan dilakukan setelah pihak Polsek mendapatkan laporan dari korban begal yang ternyata adalah teman pelaku pembegalan.

Ada dua pelaku, satu pelaku berhasil diamankan, sedangkan satu pelaku lainnya berhasil kabur setelah mengetahui pelaku lainnya dibekuk polisi. Pelaku yang berhasil ditangkap yakni Saifudin. Aksi perampasan ini terkuak, saat korban melihat sepeda motor miliknya berada di rumah pelaku.

Kapolsek Singorojo AKP Suwarso mengatakan, aksi pembegalan ini dilakukan pelaku bersama rekannya dengan membuntuti korbannya. Awalnya pelaku nongkrong di tempat sepi untuk mencari korban. Saat itu, ia melihat korban melintas di depannya dengan mengendarai motor.

“Pelaku bersama temannya langsung membututi korban. Saat berada di tempat sepi, pelaku bersama rekannya langsung memepet korban, sehingga korban berhenti dan turun dari kendarannya,” tuturnya, kemarin (20/2).

Korban saat itu menaiki sepeda motor bernopol H 6233 SU. Korban tidak berani melawan dan menyerahkan kendaraan tersebut kepada dua pelaku. “Sebab pelaku mengancam menggunakan senjata tajam. Yakni kedua pelaku mengancam akan membunuh korban,” katanya.

Namun saat melakukan aksi tersebut, para pelaku tidak mengenakan tutup wajah. Sehingga korban mengenal betul wajah pelaku. Apesnya, korban mengenali salah satu pelaku, lantataran pelaku adalah teman korban sendiri. Sehingga korban langung melaporkan kejadian tersebut ke kepolisian.

“Korban meyakini dan kemudian melacak di kediamannya yang kebetulan tetangga desa. Saat bertandang ke rumah pelaku inilah, korban melihat motornya berada di rumah pelaku, sehingga pelaku tidak dapat mengelak. Polisi yang datang langsung membekuk dan menangkap pelaku,” jelasnya.

Sementara itu, pelaku yang diketahui bernama Saifudin langsung diringkus polisi. Ia mengaku, sebelumnya memang sudah mengincar korban saat akan beraksi. “Saya buntuti korban bersama teman saya. Saat kondisi jalan sepi, korban saya pepet dan saya minta turun paksa. Setelah turun, korban saya minta untuk menyerahkan motornya,” akunya.

Polisi mengamankan kendaraan milik korban dan kendaraan yang digunakan pelaku untuk melakukan aksi perampasan. Satu pelaku yang buron masih dalam pengejaran petugas sedangkan tersangka saifudin  mendekam di sel tahanan Mapolsek Singorojo. Oleh penyidik kepolisian, pelaku di jerat dengan pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan kekerasan. “Ancaman pidana maksimal penjara tujuh tahun,” kata Kapolsek Suwarso. (bud/ida)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here