31 C
Semarang
Rabu, 5 Mei 2021

Atlet Ribuan, Tapi Minim Kejuaraan Taekwondo

SEMARANG – Perkembangan olahraga taekwondo di Kota Semarang sangat pesat. Saat ini jumlah atlet taekwondo di Kota Lunpia ini berjumlah ribuan. Hal tersebut bisa dilihat dari ujian kenaikan tingkat (UKT) taekwondo yang berlangsung Minggu (19/2) di GOR Undip, Tembalang.

Tiap kali UKT, lebih dari 2.000 atlet dari puluhan dojang mengikutinya. Mulai dari usia 6 tahun sampai dewasa. Dalam setahun, dilaksanakan sampai tiga kali UKT. Namun sayang, membeludaknya minat warga kota Semarang untuk menekuni olahraga asal Korea Selatan ini tidak diimbangi semangat pengurus kota (Pengkot) Taekwondo Indonesia (TI) Kota Semarang untuk menggelar kejuaraan. Sepanjang tahun 2016 lalu, Pengkot TI Jateng bahkan sama sekali tidak menggelar kejuaraan.

Taekwondo Kota Surakarta, jauh lebih aktif menggelar kejuaraan. Kota Solo selama ini menempel ketat Kota Semarang. Di setiap kejuaraan tingkat provinsi termasuk Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jateng, dua daerah ini selalu bersaing sengit. Kondisi ini mengancam prestasi Kota Semarang di Porprov Jateng tahun depan.

Ketua Pengkot TI Jateng Markus Wihadjaja mengatakan, tahun ini baru akan digelar kejuaraan. Tepatnya pada April mendatang. Namun konsep kejuaraan juga belum jelas, apakah untuk pemula, junior atau senior. “Masih belum bisa saya sebutkan. Masih akan kita matangkan konsepnya,” kata Markus.

Meski minim menggelar kejuaraan, namun Pengkot TI Kota Semarang mengaku tetap optimistis menghadapi Porprov Jateng 2018 dan segera mengintensifkan persiapan menghadapi babak kualifikasi. Sejumlah nama, telah masuk dalam pemusatan latihan di Gedung Dekopin Semarang. Kota ini menargetkan mempertahankan gelar juara umum pada ajang multicabang empat tahunan tersebut.

”Sekarang kekuatan kami baru sekitar 70-80 persen yang ada di pemusatan latihan. Ada beberapa atlet kami yang belum masuk pelatda karena bergabung dengan pelatnas dan ada yang masih cedera. Kami juga mempersiapkan taekwondoin muda untuk pra-Porprov nanti,” ujar pelatih taekwondo Kota Semarang Dereck Afsa. (smu)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here