Kredit Wibawa Minim Peminat, Tersedia Modal Rp 7 M, Baru 25 Peminjam

2973
LAYAKNYA MARKETING: Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi ditemani istrinya, Tia Hendrar Prihadi, melakukan sosialisasi langsung kepada para pedagang di areal Car Free Day (CFD) Semarang, kemarin. (IST)
LAYAKNYA MARKETING: Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi ditemani istrinya, Tia Hendrar Prihadi, melakukan sosialisasi langsung kepada para pedagang di areal Car Free Day (CFD) Semarang, kemarin. (IST)

SEMARANG – Kredit Wirausaha Bangkit Jadi Jawara (Wibawa) yang disediakan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang untuk peminjaman modal bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), ternyata masih minim peminat. Pasalnya, sejak diluncurkan 17 Januari 2017 lalu, disediakan total anggaran Rp 7 miliar. Tetapi hingga kini baru tercatat 25 pelaku UMKM yang meminjam.

Padahal, kredit pinjaman modal usaha ini menyediakan bunga paling rendah, yakni hanya 0,25 persen per bulan atau 3 persen per tahun. Nilai pinjaman mulai Rp 5 juta hingga Rp 50 juta untuk setiap UMKM. Bahkan, bila telah berlangsung dan angsuran dibayarkan secara tepat waktu sesuai plafon, peminjam diberi kesempatan untuk meminjam hingga Rp 100 juta.

Barangkali banyak masyarakat belum mengetahui program ini, sehingga belum banyak yang memanfaatkan kredit bunga murah ini. Melihat kondisi ini, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi ditemani istrinya, Tia Hendrar Prihadi, turun tangan sendiri untuk melakukan sosialisasi langsung kepada para pedagang di areal Car Free Day (CFD) Semarang.

Meski cuaca gerimis, orang nomor satu di Kota Semarang ini nekat berangkat dengan mengayuh sepeda bersama istri menuju Jalan Taman Menteri Supeno Semarang, Minggu pagi (12/2) kemarin. Keduanya lantas melakukan interaksi dari satu pedagang ke pedagang lain mirip seperti sales marketing menawarkan produknya.

Hendi sapaan akrab Hendrar Prihadi menawarkan program Kredit Wibawa (Wirausaha Bangkit Jadi Jawara) yang menyediakan pinjaman modal dengan bunga sangat murah tersebut. Ini menjadi komitmen Wali Kota Semarang bersama Pemkot Semarang guna mengembangkan UMKM di Kota Semarang. ”Kredit ini terendah se-Indonesia dengan bunga 3 persen per tahun atau hanya 0,25 persen per bulan,” kata Hendi.

Bahkan dia berani mengklaim bahwa Kredit Wibawa ini merupakan kredit dengan bunga paling rendah se-Indonesia. Sebab, sebelumnya Museum Rekor Indonesia (Muri) 2016 mencatat rekor bunga terendah di Indonesia 7 persen per tahun.

”Ini bisa menjadi solusi bagi pelaku UMKM yang biasanya terkendala modal untuk pengembangan bisnisnya. Apalagi syaratnya sangat mudah, punya KTP Semarang, usahanya telah berjalan minimal 2 tahun, dan memiliki izin usaha mikro kecil. Sudah itu saja,” katanya.

Namun sejak di-launching 17 Januari lalu, baru 25 pelaku UMKM yang telah memanfaatkan fasilitas ini. ”Total anggaran Rp 7 miliar, baru sedikit yang terserap. Untuk itu, saya berinisiatif menawarkan kepada para pelaku usaha di acara CFD ini. Harapannya akan semakin banyak PKL yang tahu dan menyebarkannya ke rekan-rekan pedagang lainnya,” kata Hendi usai membagikan brosur.

Untuk memenuhi syarat pinjaman modal usaha, yakni izin usaha. Para pelaku UMKM bisa mendaftarkan usahanya melalui iJUS MELON atau Izin Usaha Mikro secara online. ”Para pelaku usaha bisa langsung ke RT RW, kelurahan, dan kecamatan untuk minta surat pengantar. Izin usaha tersebut akan jadi dalam waktu 4 menit. Kalau ada yang minta bayaran saat mengurus izin, segera telepon saya, akan saya tindak tegas oknumnya. Sebab, pengurusan izin ini gratis. Tinggal membawa KTP dan KK atau menghubungi di call center 3584086,” terangnya.

Oleh karena itu, Hendi meminta agar para pelaku usaha memanfaatkan program Kredit Wibawa tersebut. Tentu saja harus tertib dalam melakukan angsuran, agar dapat bergulir untuk dinikmati pelaku UMKM lainnya. ”Manfaatkan program ini, silakan hubungi call center kami di 024 3584086 untuk informasi lengkap. Jangan lupa tertib dalam mengangsur,” katanya.

Salah satu PKL, Suparmin, 45, mengaku senang mendengar sosialisasi terkait program Kredit Wibawa ini. ”Pinjaman modal seperti ini sangat bermanfaat bagi pelaku usaha kecil seperti kami. Tadi Pak Wali menjelaskan program pinjaman tanpa agunan dengan bunga 3 persen per tahun. Saya akan segera mengurus izin dan mengajukan pinjaman, karena kebetulan saya sedang butuh tambahan modal,” ujar pedagang tempe penyet itu.

Sementara, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Litani Satyawati mengatakan bahwa selain program Kredit Wibawa tersebut, juga ada program pinjaman dengan bunga 6 persen sejak 2016 lalu. Saat ini telah dimanfaatkan oleh 4.000 pelaku usaha. ”Apabila dijumlahkan dengan plafon tahun ini, yakni Rp 7,05 miliar, total anggarannya  mencapai Rp 17 miliar,” katanya.

Dia menyebut, tercatat kurang lebih 7.000 pelaku UMKM di Kota Semarang telah memiliki izin. Dari jumlah tersebut, ada 4.000 yang telah terfasilitasi. ”Kami optimistis, melalui program tahun ini dapat mengakomodasi para pelaku UMKM yang belum terfasilitasi. Sehingga capaian kerja akan optimal,” imbuh Litani. (amu/ida/ce1)

15 KOMENTAR

  1. Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk alasan apapun jika iya hubungi kami hari ini di: (ericfinancee@ gmail.com veya ericfinancee@ outlook.com) dan dapatkan pinjaman Anda

  2. Halo,
    Nama saya Yuli dari Jakarta Selatan di Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk memberi saran kepada semua orang untuk berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di sini, begitu banyak kreditur pinjaman di sini adalah scammers dan mereka hanya di sini untuk menipu Anda dari uang Anda, Saya mengajukan pinjaman sekitar 200 juta dari seorang wanita di Dubai dan saya kehilangan sekitar 10 juta tanpa mengambil pinjaman, mereka berkali-kali meminta bayaran, saya membayar hampir 10 juta uang jadi saya tidak mendapat pinjaman,

    Tuhan menjadi kemuliaan, saya bertemu dengan seorang teman yang baru saja mengajukan pinjaman, dan dia mendapat pinjaman tanpa tekanan, jadi dia mengenalkan saya pada Ibu Olivia Daniel, dan saya mengajukan 400 juta, saya pikir itu adalah sebuah lelucon dan Kecurangan, tapi saya mendapat pinjaman saya dalam waktu kurang dari 24 jam hanya 2% tanpa agunan. Saya sangat senang karena saya selamat dari kemiskinan.

    Jadi saya saran semua orang di sini yang membutuhkan pinjaman untuk dihubungi
    Ibu Olivia Daniel, via email: (oliviadaniel93 @gmail.com)

    Anda masih bisa menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut melalui email: (yuliy3531 @gmail.com)

    Sekali lagi terima kasih untuk membaca kesaksian saya, dan semoga Tuhan terus memberkati kita semua dan memberi kita umur panjang dan kemakmuran

  3. 100% pembiayaan oleh perusahaan kami dengan tingkat bunga rendah 4%. Kami menawarkan pinjaman kepada individu, organisasi, perusahaan, dll. Proses persetujuan pinjaman kami dengan cepat dan sederhana dapat membantu Anda meminjam uang. Anda bisa menghubungi kami via email,
    Spring-cash2016@ outlook.com

  4. 100% Pinjaman untuk transaksi anda!

    HARGA SUKU BUNGA
    Tarif serendah 3%! Suku bunga 0% untuk 6 bulan pertama

    TIDAK DIPERLUKAN / TIDAK ADA KOLEKSI
    Tidak perlu memanfaatkan aset apapun untuk mendapatkan modal

    TIDAK ADA PEMBATASAN
    Dana bisa digunakan sama dengan uang tunai.

    PENDANAAN SEBAGAI SEDIKIT SEBAGAI 15 HARI
    Proses persetujuan cepat

    Kami tidak bertanggung jawab untuk mengirimkan aplikasi, kami hanya membayar hasil.

    TIDAK ADA VERIFIKASI PENGHASILAN
    Hanya penghasilan

    Hubungi kami hari ini via email. Sprin gleaf_fi nance@outlook.com

      Adrian Winson

  5. Halo .. Apakah Tuan John Farris seorang Pemberi Pinjaman Swasta yang memberikan pinjaman kepada individu, institusi, organisasi, dll hanya dengan suku bunga 2% tanpa jaminan … Apakah Anda menghadapi kesulitan keuangan? Apakah Anda merasa sulit untuk membayar tagihan Anda? Atau apakah Anda menolak pinjaman oleh bank atau institusi lain … Khawatir Tidak! Karena kami hadir untuk melayani anda lebih baik .. Kami bersertifikat, Terdaftar, jujur dan tulus dan tujuan kami adalah untuk memuaskan pelanggan kami.
    Hubungi kami melalui email di (Johnfarrisfinance@gmail.com) untuk lebih jelasnya …

    Salam!

  6. KAMI BERSERTIFIKAT DAN PERUSAHAAN LEGITU.
      Apakah Anda memerlukan pinjaman pribadi?
      Apakah Anda memerlukan pinjaman usaha?
      Apakah Anda perlu melunasi beberapa tagihan?
      Apakah Anda perlu memulai bisnis?
      Apakah Anda perlu berinvestasi di negara Anda?
      Kami menawarkan semua jenis pinjaman dengan bunga sangat rendah 3% jika anda sangat berminat menghubungi kami via email pncbank800@gmail.com

  7. Apakah Anda memerlukan pinjaman, apakah Anda memerlukan pinjaman usaha atau pribadi?
    Apakah Anda ingin membiayai kembali perusahaan Anda?
    Kami adalah Perusahaan Keuangan Bersertifikat yang menyetujui dana untuk semua jenis proyek.
    Kami memberikan pinjaman kepada setiap individu dan perusahaan dengan tingkat suku bunga 2% Apply Now.via us Email: jolsonfinancialgroup@gmail.com

  8. Halo semuanya,

    Saya adalah Hobelman Jaroen pemberi pinjaman pinjaman pribadi dengan reputasi Good Working, hobelmanfinance@gmail.com Terapkan hari ini jika Anda memerlukan pinjaman darurat dari perusahaan terkemuka, dengan kondisi dan hubungan kerja yang baik, maka Anda harus menghubungi kami karena kami menawarkan pinjaman dengan harga terjangkau. tingkat bunga 3% dan pekerjaan anda bersama kami akan menjadi pengalaman yang baik. Jika anda berminat, hubungi kami melalui email: hobelmanfinance@gmail.com

    Teks Atau Panggil +17816567138
    hobelmanfinance@gmail.com
    Pak Hobelman Jaroen

  9. Kami menawarkan jenis pinjaman berikut dari $ 10,000 hingga # 900,000,000-00

    * Pinjaman Penyatuan Hutang

    * Untuk membeli rumah anda, Pinjaman

    * Pinjaman Perniagaan

    *Pinjaman peribadi

    * Pinjaman Rumah

    * Kereta Kewangan

    * Pinjaman Komersial

    * Pinjaman Pelaburan

    1. Senarai hitam boleh dikenakan

    2. Tiada pemeriksaan kredit

    3. Kajian semula hutang atau perintah mahkamah boleh dikenakan

    4. ETC boleh memohon

    Syarikat ini adalah filem pinjaman berdaftar dan dibenarkan dan kami menawarkan pinjaman kepada semua warganegara yang tersenarai hitam, tidak ada pemeriksaan kredit

    Tawaran Pinjaman pada kadar faedah 3% MEMOHON SEKARANG Dengan nombor ID anda, nama penuh, tempoh pinjaman, jumlah pinjaman

    dengan nombor telefon bimbit anda !!!

    Hubungi kami melalui e-mel: frankqueens64@gmail.com atau CALL + 2348118830374, untuk maklumat lanjut mengenai cara memohon.

    Terima kasih

    Frank Queens.

  10. Nama saya YODIKA RONI, saya ingin menggunakan media ini untuk memberi saran kepada semua orang untuk berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman Internet karena begitu banyak kreditur Internet di sini adalah scammers dan mereka hanya berbagi cerita untuk menipu Anda dari uang Anda, saya mengajukan permohonan untuk pinjaman sebesar Rp500.000.000 dari seorang wanita di Jerman dan saya kehilangan jumlah Rp15.000.000 tanpa mendapatkan pinjaman,

    Pada tanggal 27 September 2017, teman saya Suri Yono di tempat saya memberi tahu saya bagaimana dia mengajukan pinjaman dari CAPITAL LOAN CENTER dan dia akhirnya menerima pinjamannya. Saya tidak pernah mempercayainya sampai saya pergi bersamanya ke bank untuk memastikannya dan saya kagum karena saya telah kehilangan banyak uang hanya untuk mendapatkan pinjaman untuk keluarga saya.

    Semoga ALLAH memberkati Madam yang baik atas apa yang dia lakukan terhadap saya dan rumah tangga saya, saya mengatakan kepada teman saya untuk mengenalkan saya kepada ibu yang baik. Tomasa Justin, PUSAT MODAL, dia melakukan dan mengajukan pinjaman sebesar Rp500.000.000.

    Saya mematuhi persyaratan dan persyaratan pinjaman perusahaan dan permohonan pinjaman saya disetujui untuk saya tanpa tekanan dan kesulitan.

     Akhirnya, saya menerima pinjaman di rekening bank saya dan saya menghubungi teman saya Suri Yono bahwa saya telah menerima pinjaman tersebut dan saya juga telah mengenalkan begitu banyak orang kepada Ibu Baik Ibu Ana Michael.

    Saya ingin Anda membaca kesaksian saya untuk menghubungi ibu yang baik jika Anda memerlukan pinjaman sehingga Anda juga akan bersaksi tentang niat baik ibu baik itu.

    jadi saya menggunakan jalan ini untuk memberi tahu setiap orang Indonesia dan orang lain yang layak untuk membaca kesaksian saya dan dia memerlukan pinjaman untuk dihubungi.
    Nyonya Ana Michael via EMAIL: [TOMASAJUSTINCAPITALLOANCENTER@GMAIL.COM]

    Anda masih bisa menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut via EMAIL: YODIKARONI@GMAIL.COM
    Anda juga bisa menghubungi teman saya Suri Yono via EMAIL-nya: YONOSURI702@GMAIL.COM

    Sekali lagi terima kasih untuk membaca kesaksian saya, dan semoga ALLAH terus memberkati kita semua dan memberi kita umur panjang dan kemakmuran

  11. Saya tidak bisa menyembunyikan kesaksian besar yang terjadi dalam hidup saya, saya akan mencintai semua orang untuk mengetahui dan menjadi peserta, jadi saya ingin membagikannya dengan seluruh dunia dengan memasang iklan iklan ini, saya adalah nama Mrs. Mellisa Hammer, saya tinggal di Tennessee. Amerika Serikat, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Nyonya Mellis atas kasih sayangnya untuk kehidupan keluarga, saya tidak pernah tahu bahwa masih ada kreditor yang tulus dan tepercaya, baik di Internet maupun di lapangan. Baru beberapa hari saya mencari pinjaman sebesar $ 95.000 karena saya telah menghabiskan uang untuk memberi makan, uang kuliah, pekerjaan saya benar-benar dikeluarkan dari ibu kota dan penyewa saya. Saya scammed sekitar $ 45,000.00 dolar dan saya memutuskan untuk tidak memasukkan diri saya dalam kegiatan semacam ini lagi. Tapi teman presentasi saya tentang Peaceful Society karena penampilan dan tindakan saya dan saya juga mengeluhkannya. Dan saya mengatakan kepadanya bahwa saya tidak memiliki perjanjian kredit, tapi dia mengatakan kepada saya bahwa masih ada kreditor yang tulus yang dia rekomendasikan dan memberi saya rincian tentang wanita ini yang bernama Ibu Kristina, dia menyuruh saya untuk meninggalkan saya dan saya hari ini, sangat bahagia dan bahagia, saya telah mendapatkan pinjaman $ 95.000 dari perusahaan besar ini, yang disebut Mrs. Kristina Credit Company. Jika Anda membutuhkan kreditur yang benar, dapat dipercaya, bertahan lama dan benar-benar baik atau bantuan keuangan dan Anda juga dapat diandalkan dan dapat dipercaya, dapat membayar tepat waktu, dengan senang hati kami akan mengirimi Anda email di: (credit_kristina@outlook.com) Dan Anda tidak akan menipu Di Internet, suamiku yang cantik akan mengucapkan salam, meski bukan untukmu, aku tidak bisa membayangkan bagaimana seharusnya hidup untuk keluargaku hari ini. Tolong, semua orang di bumi untuk membantu saya mengucapkan terima kasih kepada Nyonya Kristine dan manajernya, Mr. Lawson, dan saya akan selalu berbagi kejutan dan kesaksian besar yang telah terjadi setiap hari dalam hidup saya.

  12. Adakah anda fikir mendapat pinjaman? Adakah anda memerlukan pinjaman segera untuk memulakan perniagaan anda sendiri? Adakah anda dalam hutang? Ini adalah peluang anda untuk mencapai hasrat anda, kami memberi pinjaman peribadi, pinjaman perniagaan dan pinjaman korporat dan semua jenis pinjaman dengan faedah 2% untuk maklumat lanjut hubungi kami melalui e-mel (FERNANTINALOAN@GMAIL.COM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here