31 C
Semarang
Rabu, 5 Mei 2021

PDAM Bangun Jaringan ke Pelabuhan

SEMARANG – Rencana PDAM Tirta Moedal Kota Semarang memperluas jaringan pelayanan ke kawasan pelabuhan mendapat dukungan dari PT Pelindo III. Dukungan ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Direktur Utama PDAM Kota Semarang Etty Laksmiwati dengan General Manager PT Pelindo III Agus Hermawan di Kantor Pusat PDAM, Jalan Kelud Raya Semarang, kemarin (9/2). Penandatanganan disaksikan oleh jajaran manajemen kedua belah pihak, dan Dewan Pengawas PDAM Farchan Hilmi.

”Kerja sama ini merupakan bagian dari upaya kami meningkatkan pelayanan dan pendapatan perusahaan, khususnya di wilayah pelabuhan yang saat ini sudah 90 persen menggunakan air PDAM dan PT Pelindo III sebagai connection pengguna air PDAM,” ungkap Etty setelah acara penandatanganan PKS.

Menurut Etty, dengan jaringan khusus berkapasitas 2.5 liter/detik ini pihaknya sudah bisa memenuhi kebutuhan air bersih di pelabuhan. Saat ini masih ada industri di kawasan pelabuhan yang menggunakan air bawah tanah dan harapannya juga akan segera beralih ke PDAM. ”Sehingga bisa mencegah penurunan permukaan tanah karena pengambilan ABT yang tidak terkendali,” tegasnya.

Kepala Sekretariat yang membidangi Corporate Social Responsibility (CSR) PDAM, Yulianto Prabowo, menambahkan, selain ke pelabuhan, PDAM juga mendukung wilayah di sekitarnya seperti Tambak Lorok dengan sambungan baru dan murah. Sambungan tersebut dapat diangsur 5 kali. Hal ini sebagai dukungan PDAM untuk mewujudkan Tambak Lorok sebagai Kampung Bahari.

General Manager PT Pelindo III, Agus Hermawan, menyatakan, pihaknya berkomitmen mendukung pemerintah mencegah kerusakan lingkungan di sekitar pantai dengan beralih dari penggunaan ABT ke air PDAM. ”Penurunan tanah harus dicegah, salah satunya tidak menggunakan lagi air bawah tanah,” tandasnya. (zal/aro/ce1)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here