31 C
Semarang
Kamis, 13 Mei 2021

Perbaiki Jaringan, PLN tak Padamkan Aliran Listrik

SEMARANG – Upaya untuk meningkatkan layanan terus dilakukan oleh  PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Tengah dan DIY, salah satunya adalah meningkatkan pelayanan melalui Tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB), dimana perbaikan jaringan atau kerusakan tanpa harus melakukan pemadaman.

General Manager PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Tengah-DIY, Dwi Kusnanto mengatakan jika tim PDKB sudah disiapkan di seluruh area Jawa Tengah-DIY untuk meningkatkan pelayanan terhadap pelanggannya. Selain itu, pihak PLN juga sudah melakukan pemambahan unit dua unit peralatan untuk PDKB sentuh langsung.

“Dua unit yang sudah ada ini, akan dioperaikan di area Semarang dan Solo, nanti di bulan April akan menyusul area Jogja,” katanya dalam Apel Akbar Peringatan Bulan Kesehatan Keselamatan Kerja 2017, di Kantor PT PLN (Persero) Distribusi Jateng-DIY, kemarin.

Pada kesempatan tersebut, tim PDKB juga melakukan demonstrasi pengerjaan gangguan, dimana tim melakukan perbaikan pada tegangan 20.000 volt melakukan aktivitas operasional, meliputi persiapan, cek dan ricek, hingga aktivitas pekerjaan tanpa melakukan pemadaman. “Sesuai dengan ‘service level agreement’ (SLA) untuk gangguan tidak terduga dan tidak diketahui penyebabnya, dibutuhkan waktu 45 menit untuk mengetahui penyebabnya,” tuturnya.

Setelah mengetahui penyebab kerusakan, dan melakukan perbaikan, tahapan selanjutnya adalah recovery time selama tiga jam sesuai dengan strandar operasional prosedure (SOP) selama tiga jam dalam kondisi normal. “Namun kalau gangguan atau kerusakan disebabkan bencana alam , perbaikan atau pengerjaannya butuh lebih dari tiga jam,” bebernya.

Dirinya menegaskan jika petugas PLN akan tetap bekerja dan memelihara jaringan tanpa harus memadamkan aliran listrik sebagai upaya untuk meningkatkan pelayanan. “Ini adalah komitmen kami untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” jelasnya.  (den/smu)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here