31 C
Semarang
Kamis, 6 Mei 2021

Komplotan Pembobol Minimarket Dibekuk

WONOSOBO –Tim gabungan Satreskrim Polres Wonosobo dan Unit Jatanras Polda Jateng mengungkap kasus pencurian beberapa minimarket di wilayah Wonosobo dan sekitarnya. Petugas menangkap 4 orang yang diduga melakukan pencurian di 20 minimarket dan 1 sekolah.

Keempatnya adalah Sugeng Riyadi alias Mufid, 33, warga Kejajar Wonosobo; Trubus, 54, warga Tersono Batang; Arifin, 45, warga Pajawaran Banjarnegara; dan Slamet Riyadi, 58, warga Garung Wonosobo.

Kapolres Wonosobo AKBP Muhammad Ridwan menyampaikan, penangkapan tersebut diawali dari terungkapnya kasus pencurian di SDN Andongsili Wonosobo. “Kasusnya terjadi pada bulan Oktober 2016. Di SD Andongsili tersebut pelaku Mufid dan Trubus berhasil menggondol DVD player, speaker, laptop, LCD monitor, proyektor serta uang tunai Rp 211.000,” kata Ridwan.

Dari pemeriksaan para tersangka, diketahui adanya jaringan pembobol minimarket lintas kabupaten. Hingga pada 4 Februari 2017, petugas berhasil menangkap pelaku lain yaitu Arifin dan Slamet. Komplotan ini telah beraksi membobol lebih dari 20 minimarket di wilayah Wonosobo, Temanggung dan Banjarnegara. Jumlah laporan yang telah masuk ke polisi saat ini 8 TKP di wilayah Wonosobo dan 4 TKP di luar Wonosobo. “Untuk sisanya kami belum menerima laporan polisi,” ujar Ridwan.

Modus operandinya, lanjut dia, pelaku membobol tembok dan atap minimarket. Selanjutnya, barang-barang yang mereka ambil dijual dan uang hasil penjualannya mereka bagi berempat. Keempatnya saat ini ditahan di Mapolres Wonosobo. Pelaku dijerat dengan pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan dengan ancaman hukuman maksimal 7 tahun penjara. (ali/ton)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here