31 C
Semarang
Kamis, 6 Mei 2021

Polisi Mendadak Tes Urine Perwira Kodim

MAGELANG—Satuan Narkoba Polres Magelang Kota mendadak melakukan tes urine terhadap prajurit TNI Kodim 0705/Magelang, kemarin. Tes dilakukan sebagai bentuk antisipasi penyebaran narkoba di lembaga tersebut.

Pemeriksaan sampel urine terhadap anggota TNI, dipimpin langsung Kasat Narkoba, AKP Eko Sumbodo. Dari ratusan anggota, polisi memilih secara random atau acak 27 prajurit yang berada di Makodim. Mulai dari pangkat Pamen, Pama, Bintara, Tamtama, dan PNS ”Dari hasil sejumlah sampel tes urine, seluruhnya negatif,” terang Eko.

Pengambilan sampel urine dilakukan di tengah penyuluhan Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN). Di hadapan sekitar 250 tentara dan PNS, AKP Eko memamerkan berbagai sampel aneka jenis narkoba. Di antaranya, sabu-sabu, daun ganja, pil ekstasi, dan alat penghisap sabu alias bong.

”Dengan melihat langsung, diharapkan setelah mengetahui bentuk dan wujudnya, minimal bisa menjauhi narkoba,” kata Eko. Dikatakan, penggunaan narkoba dapat berdampak buruk bagi fungsi jantung. Bahkan, bisa menyebabkan kematian.

Kanit I Narkoba, Aiptu Ilham Solikhin, menambahkan, peredaran narkoba kini terang-terangan mulai menyasar usia dini. Utamanya, menyasar pelajar dan mahasiswa melalui tembakau Gorila dalam wujud rokok yang sulit terdeteksi. ”Tembakau Gorila lebih berbahaya dari ganja,” kata Ilham.

Komandan Kodim 0705/Magelang, Letnan Kolonel Inf Hendra Purwanasari mendukung penyuluhan tersebut. Hendra meminta seluruh prajurit serta keluarganya untuk tidak atau melibatkan diri dalam penggunaan dan peredaran narkoba.

”Mendekati saja haram. Apalagi menggunakan. Sanksi terberat adalah pemberhentian tidak dengan hormat bagi personel TNI dan PNS yang terlibat. Jadi, tidak ada ampun,” tegas Hendra di Gedung Prajurit Kodim 0705/Magelang. (cr1/isk)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here