Penipu Modus PNS Dibekuk

  • Bagikan

SALATIGA-Polres Salatiga menangkap Suryanto alias Gendut, 38, warga kampung Pulutan, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga. Gendut disangka menipu Mundori, warga Gebukan, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang dengan modus bisa memasukkan sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Pemkot Salatiga.

Kasus penipuan ini berawal pada 14 Juni 2016 saat pelaku berkenalan dengan korban di Kampung Pulutan. Pelaku mengaku bisa memasukkan istri korban sebagai PNS di Pemkot Salatiga. Tapi syaratnya, korban diminta menyerahkan sejumlah uang. Suryanto berdalih, uang tersebut untuk diberikan pada pimpinan kantor. Pelaku yang hanya lulusan SMP tersebut juga menjanjikan, sekitar Desember 2016 istri korban tinggal mengikuti tes PNS di Pemkot Salatiga.

Tanpa berpikir panjang, korban langsung menyerahkan uang sebesar Rp 30 juta sebagai pemulus. Agar korban percaya, pelaku memberikan kuitansi dengan dibubuhi materai pada korban.

Tapi hingga akhir Desember 2016, panggilan untuk mengikuti tes tak kunjung tiba. Ketika ditanyakan ke pelaku, ternyata uang tersebut sudah habis untuk keperluan pribadi pelaku.

Atas kejadian tersebut korban langsung melapor ke Polres Salatiga. Suryanto akhirnya ditangkap di rumahnya tanpa perlawanan.

Kapolres Salatiga, AKBP Happy Perdana Yudianto melalui Kasatreskrim AKP Mohammad Zazit mengaku telah mengamankan tersangka dan barang bukti. Zazit juga mengimbau kepada masyarakat jangan mudah percaya kepada seseorang, sekalipun sudah kenal. Apalagi bila ia memberikan janji-janji yang kurang jelas.

“Kami minta masyarakat agar selalu mengikuti seleksi pekerjaan sesuai dengan ketentuan. Untuk lebih menyakinkan informasi apakah benar atau tidak maka bisa ditanyakan ke instansi terkait,” kata Zazit.

Di hadapan penyidik, Suryanto mengakui perbuatan tersebut dilakukan karena akibat himpitan ekonomi. Ia juga mengaku dan menyesali perbuatannya. Kini ia bakal dijerat dengan pasal 378 atau 372 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 4 tahun penjara. (jks/ton)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *