31 C
Semarang
Kamis, 6 Mei 2021

Menabung Sejak Dini dengan Simpel Sinarmas

PEKALONGAN – Bank Sinarmas Pekalongan turut berkampanye menabung sejak dini. Hal tersebut, salah satunya dilakukan kepada 40 siswa taman kanak-kanak dari TK Kemala Bhayangkari, dengan program tabungan Simpenan Pelajar (Simpel), pada Sabtu (4/2) di bank tersebut di Jalan Dr Cipto Pekalongan.

Dikatakan Branch Manager Bank Sinarmas Pekalongan, Kumala Pratiwi, melatih anak menabung sejak dini dinilai penting untuk menumbuhkan rasa gemar menabung, sebagai bekal masa depan generasi penerus bangsa. Sebab, dengan menabung anak-anak bisa menyisihkan uang jajan setiap harinya, dan tidak berperilaku boros.

“Kegiatan ini merupakan program kami dari Bank Sinarmas, untuk memberikan pembelajaran menabung bagi anak-anak, sekaligus memperkenalkan kepada mereka terkait produk kami yaitu tabungan Simpel,” katanya.

Bank Sinarmas Pekalongan sengaja menggandeng sekolah untuk program tersebut, karena anak-anak juga bisa menabung di bank, melalui sekolah masing-masing. Sehingga, uang yang disimpan dijamin keamanannya dan membuat anak-anak menjadi senang. “Anak-anak terlihat senang ketika menabung di bank, karena selain mendapatkan buku tabungan yang bagus dengan karakter gambar anak-anak, mereka juga memiliki kebahagiaan tersendiri, karena bisa datang ke bank,” tandas Kumala.

Selain itu, menurut Kumala, dengan menabung di bank, anak-anak juga diajarkan proses-proses, ketika akan membuka tabungan, diantaranya saat mendaftarkan diri sebagai nasabah, kemudian mendatangi teller dan menyerahkan uang untuk ditabung.

Dengan mengenal proses demikian, setelah dewasa kelak, anak-anak sudah tidak canggung lagi untuk datang sendiri menabung di bank. Sehingga, keinginan mereka mengumpulkan uang dengan menyisihkan uang jajan setiap hari, bisa terlaksana. “Untuk sekarang memang anak-anak didampingi guru dan orang tua, tapi setidaknya ini membiasakan mereka dan memperlihatkan mereka bagaimana menabung di bank. Untuk tabungan Simpel, uang yang harus ditabung tidak banyak, hanya Rp.5 ribu,” jelas Branch Manager Bank Sinarmas Pekalongan.

Siti salah satu orang tua siswa saat ditemui sangat senang dengan adanya program tersebut. Program ini sangat membantu saya dalam mengelola keuangan anak. Dengan rajin menabung, kelak bisa membantu biaya anak nya di jenjang pendidikan selanjutnya. “Jadi jika butuh untuk biaya sekolah sewaktu waktu tidak kaget, karena sudah ada tabungan. Anak juga jadi hemat, semangat menyimpan uang, karena jika menabung di bank sangat antusias,” ungkapnya. (han/adv/smu)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here