31 C
Semarang
Selasa, 11 Mei 2021

Ribuan Warga Berebut Kue Apem

KAJEN – Ribuan orang dari berbagai daerah di Kabupaten Pekalongan dan Pemalang, Sabtu (4/2) dan Minggu (5/2) pagi kemarin menghadiri acara peringatan ke-58 Haul Mbah Wali Gendon. Acara yang dihadiri Bupati Asip Kholbisi ini berlangsung di makam Mbah Wali Gendon, di Dusun Bantul, Desa Kesesi Kecamatan Kesesi, Kabupaten Pekalongan.

Mbah Gendon merupakan pejuang dan ulama kharismatik yang berasal dari Kecamatan Kesesi. Banyaknya pengunjung atau peziarah yang mendatangi haul tersebut, membuat jalan raya Dusun Bantul macet hingga 1 kilometer, bahkan rombongan Bupati Pekalongan yang akan meresmikan acara tersebut, sempat tertahan hingga 1 jam.

Acara dibuka dengan tahlil dan istighotsah, dilanjutkan sambutan Bupati Pekalongan Asip Kholbihi, kemudian pembagian kue apem kepada para peziarah, sebagai tanda rasa syukur atas nikmat kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh Mbah Gendon.

Bupati Asip mengungkapkan bahwa  Mbah Gendhon, merupakan salah satu waliyullah, yaitu selama hidupnya Mbah Gendhon memberikan kesejukan, menjadi penerang hati, memberikan petunjuk hidup agar selamat dunia akhirat, kepada para santrinya di wilayah Kabupaten Pekalongan. Acara menjadi menarik ketika ribuan warga berebut kue apem yang dibagikan seusai acara haul. (thd/smu)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here