31 C
Semarang
Jumat, 14 Mei 2021

Semarang Siap Gantikan Tegal

SEMARANG – Gelaran Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jateng 2018 yang sedianya akan digelar di Kota Tegal akhirnya resmi dipindah. Kota Tegal dianggap belum siap untuk menggelar ajang multievent tingkat Jateng tersebut.

Ketidak siapan Kota Tegal dipaparkan oleh tim verifikasi yang terdiri dari KONI Jateng dan Disporapar dalam Rapat Anggota Tahunan (RAT) KONI Jateng di Hotel Patra Jasa Semarang, Sabtu (4/2) kemarin.

Ada delapan poin yang diverifikasi yakni sport center, akomodasi, standar minimal venue, daerah pendukung, support pemerintah, SDM, minimal mempertandingkan cabang Porprov sebelumnya, dan olahraga wajib. Semuanya itu dinilai belum memenuhi syarat hingga 1,5 tahun jelang pelaksanaan.

Untuk sport center sendiri rencananya diproyeksikan untuk 11 cabang olahraga, yakni sepak bola, atletik, balap motor, balap sepeda, sepatu roda, renang, menembak, voli indoor, senam dan squash. ”Banyak aspek yang menjadi pertimbangan penilaian ketidak siapan Kota Tegal. Diantaranya pembangunan Sport Centre yang belum signifikan. Karena itu, berdasar dari rekomendasi tim verifikasi dan persetujuan anggota, tuan rumah terpaksa dialihkan. Dan yang jelas Porprov tidak bisa ditunda lagi,” kata Ketua Umum KONI Jateng Hartono.

Namun sebagai gantinya, dalam RAT kemarin Kota Tegal diputuskan untuk tetap menjadi tuan rumah pada Porprov XVI/ 2022, dengan pertimbangan pembangunan sport center saat itu sudah
rampung.

Setelah diputuskan batal digelar di Kota Tegal, dalam RAT kemarin juga diusulkan tiga daerah pengganti dan menyatakan siap untuk menggelar Porprov 2018 yaitu Kota Semarang, Kota Magelang, dan Surakarta.

“Namun keputusan Kota mana yang menjadi penyelenggara akan kepada Gubernur. Kami akan segera memberikan hasil RAT kepada gubernur untuk menentukan tuan rumah. Selain itu, perlu pencabutan SK Kota Tegak sebagai tuan rumah dan menerbitkan SK pengalihan tuan rumah oleh gubernur. Sebab penunjukkan melalui SK,” jelas Hartono.

Sementara Kota Semarang sendiri menyatakan  kesiapannya jika ditunjuk menjadi tuan rumah dalam pesta olahraga yang diikuti oleh 35 kabupaten/kota di Jateng itu. Sekretaris Umum KONI Kota Semarang Yuswo Supadmo menjelaskan, ketua umum KONI dan Wali Kota Semarang menyambut positif jika ditunjuk menjadi tuan rumah. Amanah yang diberikan akan dijalankan dengan baik. “Saat ini kami baru menyiapkan atlet yang berlaga di Porprov. Jika kami ditunjuk, nanti akan melakukan persiapan sebagai tuan rumah,” kata Yuswo. (bas)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here